Plagiarisme atau plagiat adalah kegiatan tidak terpuji dengan melakukan penjiplakan terhadap suatu karya, khususnya dalam bidang akademis seperti jurnal dan tugas akhir. Tindakan ini dilakukan baik dengan sengaja maupun tidak sengaja untuk menjiplak, mengutip, hingga menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber aslinya. Dengan demikian, karya yang ditulisnya diakui sebagai karyanya sendiri.

Hal tersebut juga sesuai dengan pengertian yang terdapat dalam KBBI yang menyatakan bahwa plagiat adalah pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dan sebagainya) sendiri, misalnya menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri.

Untuk menghindari dan mengetahui apakah yang kita tulis termasuk dalam tindakan plagiat atau tidak maka kita perlu memeriksakan tulisan kita. Dalam era teknologi yang semakin canggih, kini plagiarisme melalui website. Berikut ini beberapa situs yang bisa digunakan untuk mengecek plagiarisme.

  1. Smallseotools

Selain mendeteksi plagiarisme dari dokumen berbentuk doc, situs smallseotools.com juga bisa menerima bentuk atau format lain seperti pdf dan txt. Dalam situsnya Anda akan bisa langsung menemukan fitur Plagiarism Checker di halaman utamanya. Dengan menekan fitur tersebut Anda akan diarahkan ke laman di mana Anda bisa menyalin dan tempel teks yang akan Anda cek. Setelah itu, jika Anda menggulung halaman lamannya ke bawah maka Anda bisa menekan tombol Check Plagiarism. Hasil dari pengecekan teks Anda pun akan keluar.

  1. Plagiarism Detector

Situs pengecekan plagiarisme ini bisa mendeteksi hingga 1000 kata secara gratis. Sementara jika Anda ingin mengecek hingga 25 ribu kata maka Anda harus mengaktifkan fitur Go Pro. Untuk tata cara pengecekan di situs plagiarismdetector.net ini hampir sama dengan situs lain dengan menyalin tempel teks Anda pada kotak teks yang disediakan.

  1. Copyleaks

Situs ini berbasis cloud. Situs ini hanya mampu mendeteksi plagiarism kurang dari 10 halaman. Situs copyleaks.com juga bisa diatur fitur cek plagiat dalam model pelajar atau bisnis sehingga bisa lebih memudahkan Anda untuk mnegceknya sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Duplichecker

Duplichecker adalah salah satu alternative lain yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi plagiarism dalam tulisan Anda. Situs ini banyak digunakan oleh maahasiswa yang mengecek jurnal atau karya tulis lainnya menggunakan Duplichecker ini. Teknis penggunaannya pun sama dengan situs lain di atas, yaitu dengan memasukkan teks Anda pada kotak teks yang sudah tersedia kemudian klik Periksa Plagiarisme.

  1. PaperRater

Selain mendeteksi plagiarism, situs ini juga mampu mendeteksi tata bahasa tulisan Anda secara gratis. PaperRater cocok untuk Anda jika ingin mendeteksi adanya kesalahan pada penulisan ataupun tata bahasa pada tulisan Anda.

  1. Unicheck

Unicheck adalah salah satu situs cek plagiarisme dengan akurasi tinggi. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil dari pengecekan Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Untuk pengguna baru, Anda bisa menggunakannya secara gratis selama masa percobaan. Akan tetapi, jika ingin terus menggunakannya maka Anda bisa melakukan pembayaran untuk biaya berlangganan.

Demikian beberapa situ website yang dapat Anda gunakan untuk mendeteksi plagiarisme tulisan Anda. Dengan melakukan deteksi plagiarisme maka akan menimalisir adanya tidakan yang mungkin bisa berdampak besar di kemudian hari bagi Anda dan tulisan Anda.

Jadi, yuk kita buat karya tulis yang orisinil dan tanpa plagiat!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.