7 Tips Menulis Kreatif

1. Gunakan Dialog
Penggunaan Dialog membuat pembaca bisa mengeksplorasi adegan, seolah mereka hadir dalam cerita. Selain itu, dialog juga dapat menumbuhkan emosi serta menekankan suasana hati.

2. Menggunakan Indra
Bangkitkan lima indra yang mendorong pembaca untuk mengenang pengalaman mereka. Contohnya Apa yang anda pikirkan dari kalimat ini: “Kamar ini harum beraroma bunga”.

3. Deskripsi
Deskripsi bertujuan untuk melukiskan sebuah adegan, namun hanya bagian pentingnya saja. Contohnya dari pada mengatakan, “Dia lelaki pendek”, lebih baik menuliskan, “kepalanya terkadang menabrak bahuku”.

4. Hindari Kata Sifat
Kata sifat mengarah pada penulisan “penceritaan” dalam naskah Anda dan tidak mengembangkan penulisan hebat yang “menyuguhkan”. Coba pertimbangkan frasa ini “Ruangan berisik.” Coba ganti dengan frasa: “Lelaki itu selalu menutup telinga saat mendekati ruang itu”

5. Gunakan Kata benda yang sesuai
Contohnya rubahlah kata-kata “Kambing itu” menjadi “Si Embek”. Keduanya sama sama mengacu kepada hewan peliharaan yang bermakna sama yaitu kambing.

6. Hindari kata Keterangan
Contohnya penulis ingin menuliskan “dia nakal” coba luaskan dengan menuliskan “dia selalu membantah kata-kata orang tuanya dan sering sekali pulang malam”.

7. Metafora
Metafora adalah menggunakan perumpamaan, tetap gunakan perumpaan dengan wajar dan hati-hati agar tidak terdengar klise.

Salam Literasi

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.