Pada dasarnya ada dua jenis cover yang biasa digunakan untuk menerbitkan buku yaitu soft cover dan hard cover maka untuk menghasilkan cover buku yang sesuai dan menarik Anda juga harus memahami perbedaan antara keduanya. Tentu antara buku dengan soft cover atau hard cover akan memiliki nilai jual yang berbeda.

Membedakan keduanya memang sangat penting untuk dipertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan menggunakan salah satunya. Jika Anda menggunakan penerbit indie maka sudah tentu ada perbedaan harga, tetapi keuntungan yang akan didapatkan nantinya juga akan berbeda. Sehingga kualitas cover bisa memengaruhi keputusan orang lain untuk membelinya atau tidak.

Mengenal Cover Buku Soft Cover  

Soft cover merupakan jenis sampul yang ringan, tipis, dan menggunakan kertas cover yang dilaminating sehingga akan terlihat mengkilap agar terkesan lebih menarik. Kebanyakan buku saat ini juga dijual dengan menggunakan soft cover. Selain karena secara harga cetaknya lebih murah juga lebih mudah untuk memberikan kenyamanan kepada pembaca karena mudah membawanya kemana pun.

Memang nantinya ketika menggunakan soft cover dan sudah disimpan cukup lama maka kualitasnya akan menurun karena terlipat atau kusut. Jadi perlu Anda pertimbangkan dengan baik untuk memilih menggunakan cover buku jenis ini dengan memperhatikan segmen pembaca yang ingin dituju setelah buku diterbitkan nantinya.

Membandingkan Dengan Hard Cover  

Untuk buku dengan sampul hard cover biasanya digunakan untuk tema-tema buku tertentu yang lebih bertujuan untuk membuat kesannya menjadi lebih eksklusif dan elegan. Mendapatkan cover buku dengan kesan eksklusif memang cukup mudah jika menggunakan jenis cover ini karena bagian depannya akan kaku dan tebal untuk melindungi setiap halaman pada buku tersebut.

Memang ada yang beranggapan bahwa penggunaan sampul hard cover akan membuat buku tersebut menjadi berat dan tidak mudah dibawa kemana-mana. Namun banyak juga yang lebih menyukai jenis cover ini karena memberikan kesan yang berbeda dan elegan. Selain itu, tentu saja harga jual dari buku dengan hard cover juga akan jauh lebih mahal untuk didapatkan. Maka Anda bisa mulai untuk mempertimbangkannya dengan baik.

Dalam menentukan jenis cover harus disesuaikan dengan target konsumen yang nantinya akan membeli buku tersebut. Berkaitan juga dengan harga jual dan kesan yang ditonjolkan. Hal ini tentu saja tidak boleh luput dari perhatian Anda karena nantinya juga akan memengaruhi tingkat penjualan setelah buku dicetak dan didistribusikan kepada calon konsumen.

Citra penulis juga bisa ditingkatkan dengan pilihan cover yang tepat. Tentu saja selain mempertimbangkan budget Anda juga harus memperhatikan detail lain dalam cover tersebut yaitu desain dan ketebalannya, sehingga cover buku Anda bisa memiliki daya tarik optimal sesuai harapan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.