Sumber: reedsy.com

 

Kamu seorang pecinta buku? Tertarik bergabung dengan klub baca? 

Berkumpul dengan orang-orang yang memiliki hobi sama dengan kita tentu mengasyikkan. Ibarat kumbang bertemu bunga, sudah klop seperti jodoh. Ketika bergabung dalam sebuah klub buku, kamu akan berjumpa dengan banyak orang yang satu frekuensi: sama-sama mencintai buku.

Nah, berikut ini beberapa keseruan yang hanya bisa kamu dapatkan di klub baca. Intip, yuk!

 

Mendapatkan Asupan Reading List Baru 

Momen paling membangkitkan semangat seorang booklover adalah ketika berkenalan dengan buku baru. Yap! Membaca buku baru selalu memunculkan debar antusias untuk segera menikmati isinya. Apabila bergabung dengan klub buku, kamu akan mudah sekali mendapatkan banyak asupan reading list baru. 

Misalnya, dalam satu klub buku terdiri dari 20 orang. Jika setiap orang setidaknya punya 10 rekomendasi buku, minimal akan ada 200 judul buku yang bisa kamu seleksi untuk dimasukkan ke reading list baru. Wow, banyak, ya! Bisa-bisa kamu terus menambah reading list tanpa sempat menuntaskan yang sedang dibaca, hehe. 

 

Sumber Inspirasi dan Tukar Ide tentang Buku

Dalam klub buku, kamu akan bertemu dengan berbagai tipe pembaca buku. Ada yang suka membaca buku-buku puisi hingga punya aura melankolis romantis. Ada pula yang suka membaca buku politik hingga terkesan cerdik dan pandai mengkritik. Mungkin ada juga yang suka buku fantasi hingga mempunyai daya imajinasi tinggi. 

Sungguh sangat menyenangkan jika setiap karakter pembaca buku yang beda-beda ini bisa saling bertukar ide denganmu. Lazimnya, pembaca buku sejati adalah orang-orang yang punya pemikiran luas dan perspektif yang out of the box. Dari sini, kamu akan “panen” inspirasi dan beragam ide-ide baru tentang banyak hal. Asyik sekali, kan?

 

Memperluas Jaringan Relasi yang Sudah Terfilter

Meskipun membaca buku ialah aktivitas kaya manfaat, sayangnya belum semua orang mau membaca buku. Entah karena malas atau entah karena bosan melihat tulisan berjajar yang monoton. Maka dari itu, jika ada orang-orang yang gemar membaca buku hingga dengan kerelaan hati bergabung di klub buku, ibaratnya mereka adalah orang-orang “terfilter”.  

Melalui klub buku, kamu bisa memperluas relasi dengan mereka ini. Biasanya anggota klub baca berasal dari berbagai kalangan. Kamu pun bisa berdiskusi tentang banyak hal, terutama sehubungan dengan dunia literasi. Siapa tahu dari hasil diskusi tersebut, kemudian tercipta project yang membawa kebermanfaatan bagi banyak orang. 

 

Bisa Ikut Banyak Event Menarik Seputar Perbukuan

Informasi seputar event literasi atau perbukuan saat ini mudah diakses dari mana saja, baik online maupun offline. Dengan bergabung di klub buku, kamu akan semakin dimudahkan untuk memperoleh info event literasi. Apalagi, ada kalanya event-event tertentu hanya memberikan undangan eksklusif bagi klub buku. 

Selain event eksternal, biasanya klub buku juga mengadakan event internal untuk anggota. Mulai dari kegiatan sederhana, seperti diskusi tematik, sharing rutin, baca buku bersama, dan sebagainya. Bahkan mungkin klub bukumu juga bisa melakukan kunjungan ke toko buku atau penerbitan, seperti penerbit buku Malang atau lainnya. 

Sumber: thejakartapost.com

 

Itulah beberapa keseruan yang cuma bisa didapatkan dengan bergabung di klub buku. Gimana? Semakin tertarik gabung klub buku? Klub buku terbuka bagi siapa saja yang memiliki kecintaan terhadap buku, baik itu kamu seorang guru, pembuka jasa menulis buku Malang, karyawan, bahkan mahasiswa atau siswa. Semua bisa berkumpul untuk semakin membumikan literasi. 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.