Sumber: kumparan.com

 

Selain seorang penulis, di balik karya luar biasa, tentu ada andil besar dari seorang editor naskah. Oleh karena itu, banyak penerbit buku yang terus mencari editor berkualitas agar naskah yang diterbitkan memenuhi harapan penulis dan mampu memikat hati para pembacanya. 

Lantas, bagaimana cara memenuhi harapan penerbit dan menjadi seorang editor yang berkualitas? Caranya adalah membekali dirimu dengan hal-hal penting yang harus dimiliki oleh seorang editor, antara lain seperti hal-hal berikut!

 

Memiliki Kepekaan Bahasa

Bekal pertama yang harus kamu miliki untuk menjadi editor naskah adalah memiliki kepekaan bahasa. Seorang editor harus bisa memahami apakah bahasa yang digunakan oleh penulis luwes atau kaku, sesuai dengan konteks atau tidak, dan lain sebagainya. Kepekaan bahasa bagi seorang editor juga termasuk menguasai ejaan, menguasai tata bahasa, dan tidak malas untuk membuka kamus maupun sumber kebahasaan lainnya yang dapat menunjang proses penyuntingan naskah.

 

Memahami Kode Etik Kepenyuntingan

Bekal kedua yang harus kamu miliki untuk menjadi editor naskah adalah memahami kode etik kepenyuntingan. Memperhalus dan memperindah bahasa dari penulis memang tugas seorang editor, tetapi tetap dengan batasan yang tidak boleh dilangkahi, seperti mengubah isi konten tanpa sepengetahuan penulis maupun menyisipkan pendapat pribadi editor di dalam naskah yang disunting. Dalam hal ini, editor harus senantiasa mengonsultasikan kepada penulis bila ingin melakukan pengubahan pada naskah.

 

Sabar dan Teliti

Bekal ketiga yang harus kamu miliki untuk menjadi editor naskah adalah sabar dan teliti. Proses penyuntingan naskah tidaklah singkat dan tidak cukup dicek satu kali saja. Oleh karena itu, bila kamu ingin menjadi seorang editor, kamu harus bisa bersabar menghadap layar laptop maupun komputer dalam jangka waktu lama dan memandangi naskah yang sama selama berhari-hari. Pengulangan penyuntingan ini tentu dilakukan agar naskah yang telah dicetak nantinya minim atau bahkan tidak memiliki kesalahan bahasa dan juga memiliki kualitas yang excellent.

 

Sumber: kompasiana.com

 

Memiliki Wawasan yang Luas

Bekal keempat yang harus kamu miliki untuk menjadi editor naskah adalah memiliki wawasan yang luas. Ada kalanya seorang editor akan memperoleh naskah yang kurang sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Nah, di saat inilah wawasan seorang editor sedang diuji. Oleh karena itu, seorang editor haruslah berwawasan luas, harus senang membaca berbagai jenis buku maupun mempelajari berbagai informasi agar mampu menyadari bila ada informasi yang keliru dalam naskah, atau sebaliknya, agar tidak menambahkan informasi yang keliru dalam naskah.

 

Memiliki Keterampilan Komunikasi yang Baik

Bekal kelima yang harus kamu miliki untuk menjadi editor naskah adalah memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Lho, kok keterampilan komunikasi, bukankah editor tugasnya memperbaik tulisan? Ya, komunikasi yang baik tetap menjadi salah satu bekal utama bagi seorang editor. Bila kamu memiliki komunikasi yang baik tentu kamu juga akan lebih mudah menuangkan gagasan-gagasanmu dalam bentuk tulisan. Memiliki keterampilan komunikasi yang baik juga akan membantu seorang editor untuk berdiskusi secara lancar dengan penulis. 

 

Apakah kamu sudah memiliki kelima bekal di atas? Bila iya, kamu sudah memiliki syarat pertama untuk menjadi seorang editor. Kamu juga bisa memilih, apakah ingin menjadi seorang editor lepas (freelance) saja atau tergabung dalam sebuah penerbit, seperti penerbit buku Malang yang kamu impikan.

Wujudkan impianmu menjadi editor sekarang juga!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.