Sumber: glints.com

 

Sebagai seorang penulis, mampu menyerahkan karya ke penerbit buku tentu adalah sebuah kebanggaan. Apalagi bila kamu sampai dijuluki penulis yang produktif. Namun, tak dapat dimungkiri, pasti ada masa di saat kamu merasa kehabisan ide, atau merasa tulisanmu tak cukup bagus lagi untuk diterbitkan dan dibagikan kepada para pembaca. Lantas, apa yang harus kamu lakukan? Jawabannya adalah meningkatkan kemampuan menulismu. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meng-upgrade skill-mu dalam menulis.

 

Membaca Segala Jenis Tulisan

Benar adanya perkataan bahwa apa yang kamu terima itu pula yang akan kamu keluarkan. Begitu pula saat menulis. Apa saja hal yang kamu baca, hal itu pulalah yang bisa kamu tulis. Dengan demikian, bila kamu ingin meningkatkan kemampuan menulis hingga bisa menulis berbagai genre atau topik, tentu kamu perlu untuk membaca berbagai jenis tulisan yang ada di dunia ini. Jangan ragu pula untuk membaca tulisan-tulisan tentang tema yang baru atau bahkan kurang kamu sukai. 

 

Mengatur Jadwal Khusus untuk Menulis

Cara meningkatkan kemampuan menulis selanjutnya adalah dengan mengatur jadwal khusus untuk menulis. Bahkan bila memungkinkan aturlah jadwal menulis setiap harinya, dan buat pula target jumlah kata yang harus kamu tulis setiap kamu menulis. Tujuan dari membuat jadwal adalah untuk makin membiasakanmu menulis. Semakin kamu terbiasa menulis, semakin mudah pula kamu menuangkan gagasan yang ada di kepalamu. Practise makes perfect, kan? Mengatur jadwal khusus bisa juga dengan mengikuti e-course kepenulisan karena pada umumnya pelatihan menulis memiliki jadwal dan target yang harus kamu ikuti.

Mulai Menulis dari Kalimat Acak

Kamu juga bisa meningkatkan kemampuan menulismu dengan mulai menulis dari kalimat acak. Kalimat acak ini bisa dari judul sebuah berita, kalimat pertama buku favoritmu, maupun kalimat yang pertama terbaca olehmu saat membolak-balik sebuah buku. Hal ini akan menantang kreativitasmu dalam menulis. Semakin rutin kamu melakukan hal ini, semakin mudah kamu menulis berbagai tulisan, dan semakin meningkat pula kreativitasmu. Bahkan, tak menjadi mustahil lagi bila akhirnya tulisanmu dilirik oleh berbagai penerbit buku, lho!

 

Sumber: jaririndu.blogspot.com

 

Merangkum Berbagai Esai maupun Artikel

Meningkatkan kemampuan menulismu tidak melulu dengan menulis hal baru. Bisa juga kamu meningkatkan kemampuanmu dengan merangkum berbagai esai ataupun artikel. Metode ini bertujuan untuk membantumu meningkatkan kemampuan dalam menemukan inti dari sebuah paragraf atau tulisan. Selain itu, merangkum juga bisa membantumu belajar berbagai kosa kata baru dari artikel-artikel yang kamu baca. Usahakan untuk merangkum artikel yang panjang agar lebih memudahkanmu saat mencari inti dari tulisan tersebut. 

 

Jangan Lupakan Swasunting

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan menulismu adalah dengan menyunting tulisanmu sendiri. Langkah awalnya tentu membaca ulang tulisanmu, tetapi dalam tahap ini ubah sudut pandangmu menjadi sudut pandang pembaca yang seakan baru membaca tulisanmu. Kamu bisa memberi jarak dulu dengan tulisanmu, misal mulai melakukan swasunting satu jam setelah kamu merampungkan tulisanmu. Dengan melakukan swasunting, kamu akan lebih mudah menemukan kata maupun kalimat yang mungkin tidak pas dan harus kamu perbaiki. Namun, swasunting ini tetap harus dibatasi waktunya, ya, jangan sampai terlalu lama hingga dapat berakibat pada keinginanmu untuk merombak keseluruhan karyamu.

 

Apakah kamu sudah melakukan berbagai tips di atas? Lalu, gimana hasilnya? Semoga kamu jadi kecanduan untuk terus meningkatkan skill menulismu, ya. 

Bila merasa kesulitan untuk meningkatkan kemampuan menulismu sendirian, kamu bisa mengikuti berbagai e-course kepenulisan di sekitarmu. Apalagi bila pelatihan-pelatihan yang kamu ikuti memiliki output jenis tulisan yang berbeda-beda, tentu kamu akhirnya akan ahli tidak hanya dalam satu, tetapi berbagai jenis tulisan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.