Sumber: indonesiainside.id

 

Dikelilingi berbagai buku tentu menjadi kebahagiaan bagi seorang pencinta buku. Tak heran bila kamu, pencinta buku, kerap mengunjungi berbagai festival buku di sekitarmu. Apalagi, tidak hanya mendapatkan berbagai buku menarik dengan harga murah, di festival buku kamu dapat memperoleh banyak kenalan baru, baik sesama pencinta buku maupun para penerbit, seperti penerbit buku Malang. Lantas, pernahkah kamu mengunjungi festival buku yang begitu besar dan dikunjungi orang-orang dari berbagai penjuru dunia? Bila belum, coba kunjungi festival-festival buku berikut!

 

Abu Dhabi Internasional Book Fair

Sumber: abudhabiculture.ae

Abu Dhabi Internasional Book Fair, sesuai namanya, pameran buku ini berlokasi di Uni Emirat Arab (UEA). Festival ini menjadi festival buku terbesar di Timur Tengah. Fokus diadakannya Abu Dhabi Internasional Book Fair adalah untuk bertukar ide dan mengidentifikasi peluang bisnis di industri buku. Tujuannya adalah untuk menyatukan berbagai komunitas penerbitan di Arab dan juga internasional. Pada festival buku ini, pengunjung tidak hanya akan bertemu dengan buku, melainkan juga penjual buku, penerbit buku, agen, organisasi budaya, hingga media massa.

 

London Book Fair

Sumber: olympia.london

Sesuai dengan namanya, London Book Fair berlokasi di Inggris. Acara ini merupakan festival buku yang besar dan dianggap penting bagi negara Inggris. Apalagi dengan fakta bahwa Inggris adalah negara penghasil buku terbanyak di Eropa dan menjadi kiblat bagi industri buku Eropa. Festival ini diadakan setiap bulan April dan setidaknya lebih dari 25.000 penerbit buku, distributor buku, agen, penulis, sastrawan, dan pembaca dari berbagai negara yang datang untuk meramaikan festival buku ini. Jadi pengin ke sana, kan?

 

South Africa Book Fair

Sumber: indepthnews.net

South Africa Book Fair yang dulu bernama Cape Town Book Fair, berlokasi di Afrika Selatan. Festival ini adalah festival buku terbesar di Afrika yang diadakan setiap bulan Juni. Tidak hanya menjadi ajang promosi buku, tetapi festival ini juga menyuguhkan wawasan mendalam mengenai dunia literasi, tulis-menulis, dan juga kesusastraan.

 

Gothenburg Book Fair

Sumber: en.wikipedia.org

Gothenburg Book Fair diselenggarakan di Swedia. Festival yang sudah ada sejak tahun 1985 ini kini menjadi salah satu festival buku yang besar di dunia. Festival ini awalnya ditujukan sebagai ajang pameran perdagangan buku bagi para pustakawan dan guru. Namun, dalam perkembangannya, festival ini juga menjadi tempat berkumpulnya pustakawan, guru, dan pencinta buku dari berbagai penjuru dunia. Setidaknya, terdapat 100.000 pengunjung dan 900 peserta dari berbagai negara yang memeriahkan festival ini.

 

Islamic Book Fair

Sumber: islamic-center.or.id

Islamic Book fair adalah festival buku yang berlokasi di negara kita, Indonesia. Festival buku ini digadang-gadang sebagai festival buku Islam terbesar di Asia Tenggara. Biasanya, Islamic Book Fair (IBF) akan diadakan pada akhir Februari atau Maret. Sesuai dengan namanya, buku-buku yang dipamerkan pun adalah buku-buku yang bernuansa Islam. Ratusan stan disediakan dalam festival buku ini dan setidaknya terdapat ratusan ribu pengunjung yang datang setiap tahunnya. Kamu sudah pernah mengunjungi IBF, belum?

 

Frankfurt Book Fair

Sumber: medium.com

Frankfurt Book Fair berlokasi di Jerman. Banyak masyarakat Jerman yang berharap bahwa festival ini menjadi festival buku terbesar, tidak hanya di Jerman, melainkan di seluruh dunia. Festival ini melibatkan lebih dari 7.100 peserta dari setidaknya 100 negara dan dikunjungi sekitar 270.000 orang dari berbagai penjuru dunia. Tentu, sebagai festival buku terbesar, pada festival ini tidak hanya fokus pada penjualan buku saja, tetapi juga sebagai ajang berkumpulnya para pencinta buku dan industri buku di seluruh dunia.

 

Bagaimana, sangat menarik, kan, festival-festival buku di atas? Tidak hanya memperoleh banyak buku internasional dengan harga lebih murah, kamu mungkin akan menemukan buku yang kamu buru, tetapi sulit ditemukan di Indonesia, bahkan juga bisa berkenalan dengan pencinta buku lain dari berbagai negara.

Dijamin bakal seru!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.