Membuat Buku“adalah salah satu kegiatan yang mungkin dihindari oleh sebagian orang. Bahkan lingkungan intelektual pun terkadang merasa berat untuk”membuat buku“yang sifatnya ilmiah.

Berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa kita lakukan ketika kita memiliki keinginan yang kuat untuk membuat sebuah buku.

  1. Buat rancangan naskah atau kerangka buku

Salah satu langkah awal yang penting untuk dilakukan adalah membuat rancangan isi atau kerangka buku yang ingin kita buat. Apabila sudah ada materi atau data yang siap untuk diketik, maka hal tersebut akan mempermudah penulis untuk menuangkan gagasannya

  1. Mulai proses menulis dari bab per bab.

Apabila rancangan naskah telah selesai dibuat, batasan materi sudah jelas, dan setiap bab atau subbabnya telah pasti, maka langkah selanjutnya adalah masuk pada proses menulis. Adapun hal-hal yang kita tulisan harus sesuai dengan rancangan yang telah kita buat sebelumnya, meskipun ada kemungkinan digantinya beberapa bagian yang dirasa tidak relevan.

  1. Penyuntingan atau revisi.

Apabila naskah yang kita buat telah selesai dari awal hingga akhir, maka naskah tersebut biasa kita sebut sebagai”draft.”Salah satu proses yang tidak dapat dilepaskan dalam membuat buku adalah penyuntingan atau revisi. Proses ini dilakukan dengan cara membaca kembali tulisan kita dari awal sampai akhir dengan memerhatikan beberapa hal seperti kata per kata, kalimat, keruntutan paragraf, tanda baca, sitasi, hingga daftar pustaka.

  1. Berikan tulisan kita kepada pembaca pertama.

Tahapan akhir yang harus kita lalui adalah dengan memberikan tulisan kita kepada teman dekat kita atau orang yang ahli di bidangnya, sesuai dengan materi yang kita tulis. Langkah ini juga penting untuk dilakukan supaya kita bisa mendapatkan penilaian atau respon dari orang-orang yang sekiranya akan menjadi pembaca dari buku kita.

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.