5 Alasan Mengapa Harus Membaca Buku Non Fiksi

Mungkin banyak orang akan merasa jemu ketika membaca buku non fiksi, karena bahasanya terlalu kaku. Tetapi masih banyak buku-buku non fiksi yang dikemas dengan bahasa yang ringan dan mudah untuk dipahami. Buku non fiksi pun juga cocok digunakan untuk bacaan sehari-hari, karena tidak semua buku non fiksi itu serius. Manfaat membaca buku non fiksi sebagai berikut,

1. Menambah informasi faktual
Buku non fiksi berisikan informasi berupa fakta, bukan rekayasa/fiktif. Sehingga informasi yang dapatkan juga berupa informasi yang faktual dan sangat penting untuk menambah khasanah dan wawasan. Karena dengan memiliki informasi faktual bisa menginformasikannya ke orang lain lagi.

2. Mencegah mudah lupa dan pikun
Dengan terus diisi informasi yang faktual dan memang nyata, membuat diri tidak mudah lupa. Karena akan ada informasi-informasi faktual baru yang terus masuk ke otak. Selain itu tentu juga menjauhkan dari kepikunan.

3. Menambah wawasan sejarah
Buku non fiksi salah satunya adalah biografi. Buku biografi ini jelas bersumber dari kisah nyata. Dan tentu ini akan membuat wawasan sejarah pembaca menjadi bertambah. Karena berbekal buku, pembaca akan mampu menguasai sejarah masa lalu.

4. Untuk mengembangkan diri
Buku non fiksi yang lain diantaranya juga berkaitan dengan psikologi atau kesehatan dan gaya hidup manusia. Dari buku-buku tersebut bisa dipelajari untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi. Karena informasi yang ada buku seperti ini sangat relevan dan sesuai dengan kehidupan nyata.

5. Meningkatkan kemampuan berpikir
Kalau buku fiksi membuat diri bisa lebih berkhayal, buku non fiksi juga ada yang membuat menjadi lebih berpikir dan menjadi pebelajar yang baik. Sebut saja buku-buku tutorial, jelas akan membuat pembaca menjadi orang yang lebih suka berpikir dan ini bagus.

Salam Literasi

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.