5 CARA TERBAIK MEMAKSIMALKAN MEMBACA BUKU

Milan Kundera, penulis asal Ceko berkata, jika ingin menghancurkan sebuah bangsa dan peradaban, hancurkan buku-bukunya. Maka, pastilah bangsa itu akan hancur dan musnah. Ini menjadi bukti bagaimana besarnya manfaat buku terhadap kemajuan peradaban suatu bangsa.Berikut lima tips untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kegiatan membaca buku yang biasa kita lakukan;

1. BIASAKAN MEMBACA BUKU SAMPAI HABIS DAN MENYELURUH
Menggunakan teknik skimming guna dengan cepat memahami isi sebuah buku memang baik, namun pemahaman Anda akan lebih baik lagi jika membaca keseluruhan isi buku.

2. SEMPATKAN MENULIS ATAU MENCATAT INTISARI BUKU
Selain baik untuk meningkatkan personal branding Anda, kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk kontribusi positif yang dapat Anda lakukan terhadap lingkungan sosial Anda.

3. COBALAH MENGULAS BUKU YANG ANDA BACA
Selain menjadi ladang kebaikan pribadi, dengan membuat ulasan buku, Anda telah turut serta sebagai bagian dari barisan pejuang penyebar virus giat baca buku di Indonesia.

4. DISKUSIKAN BUKU YANG ANDA BACA
Dengan mendiskusikan buku, Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan tambahan dari orang lain, melatih diri untuk menerima sudut pandang berbeda dan sebagai sarana mengasah keterampilan public speaking.

5. BERBAGI ILMU PADA YANG LAIN
Dengan berbagi ilmu, Anda akan semakin haus dengan kegiatan membaca. Anda bukan saja tahu akan manfaatya, melainkan Anda juga semakin merasakan dan paham akan nikmatnya membaca.

Itulah 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan manfaat membaca guna menjadikan Anda pribadi yang lebih baik dan berkontribusi terhadap sesama. Akan sangat membahagiakan, melihat diri Anda menjadi bagian dari perubahan ke arah Indonesia yang lebih baik di masa mendatang.

Salam Literasi

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.