Apa Sih Bedanya Proses Penyiapan dan Penulisan Naskah Penerbitan Indie Dengan Penerbitan Mayor”
1. Penerbit Indie
” ” ” ” Pada proses penyiapan, dari penerbit indie hanya akan mengecek apakah naskah yang dikirimkan sudah sesuai atau belum dengan standar percetakan secara teknis dan menyeleksi secara umum isi dari naskah apakah mengandung SARA dana memuat unsur pornografi atau tidak.
Proses percetakan pada penerbit indie dilakukan dengan jumlah terbatas, buku-buku yang diterbitkan secara indie dan kebanyakan hanya akan dijual secara online saja.
” ” ” ” “Penerbit indie melakukan penulisan naskah dengan dibantu oleh editor, seperti melakukan proofreading atau pemeriksaan aksara terhadap karya penulis, mengoreksi ejaan, kata baku, tanda baca, memberikan catatan atau saran kepada penulis agar lebih menarik dari segi teknik penulisan, dan tetap keputusan akhir tetaplah di tangan penulis.
2. Penerbit Mayor
” ” ” ” Pada penerbit mayor, naskah tentunya sudah diseleksi terlebih dahulu oleh editor akuisisi (editor yang bertugas menyeleksi naskah masuk). Jika sudah dinyatakan layak terbit, maka ketika proses penulisan buku, ada editor dari pihak penerbit yang biasanya akan ikut memanyai progres penulisan naskah. Editor akan berperan sebagai partner penulis selama proses penyusunan dan penyuntingan naskah.
” ” ” ” Penulis akan diberikan deadline, diperiksa naskah, diberikan masukan dan juga saran untuk naskah oleh editor. Sehingga dapat disimpulkan penerbitan mayor punya andil besar dalam melahirkan karya penulis. Buku-buku yang diterbitkan secara mayor akan otomatis didistribusikan ke toko-toko buku di seluruh Indonesia dan secara online.
Salam Literasi
Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.