7 Cara Menciptakan Dunia Fiksi Dalam Menulis Novel

1. Carilah Inspirasi
Mencari inspirasi bisa dimana saja, hal yang termudah dengan membawa buku catatan dan pena sehingga dapat menulis ide-ide dimanapun dan kapanpun Anda pergi. Inspirasi tidak akan pernah tahu kapan datangnya, jadi bukalah mata dan telinga Anda ke mana pun Anda pergi.

2. Pikirkan Genre dari Novel
Pikirkan dan tentukan genre untuk novel Anda. Bacalah semua karangan utama yang termasuk dalam “genre” yang Anda pilih untuk mendapatkan gambaran cara menyusun novel sesuai dengan “genre” yang Anda pilih. Apabila ingin berniat membuat “genre” lebih dari satu lebih utamakan menyadari tradisi yang Anda lakukan dibandingkan terpaku pada satu “genre” tertentu.

3. Pertimbangkan Setting pada Novel
Setelah menentukan “genre” yang ingin ditulis, mulailah membayangkan latar belakang untuk novel Anda. Latar belakang yang Anda buat akan menentukan “tema” dan nada novel Anda, serta mempengaruhi masalah yang dihadapi karakter novel Anda.

4. Ciptakan Karakter-Karakter pada Novel
Salah satu kesenangan dalam membaca cerita fiksi adalah menyadari bahwa diri Anda bisa mengalami dan hidup di dalam dunia tersebut melalui karakter favorit Anda dalam novel.

5. Visualisasikan Jalan Ceritanya
Sebuah novel terdapat konflik di dalamnya, ketegangan muncul hingga mencapai klimaksanya, kemudian diselesaikan dengan cara tententu.

6. Tentukan Sudut Pandang Cerita Novel
Novel pada umumnya ditulis dengan sudut pandang orang ketiga atau pertama, meskipun bisa juga dari sudut pandang orang kedua, atau kombinasi dari ketiganya.

7. Pertimbangkan untuk Mulai dari Nol
Meskipun terlebih dahulu menentukan “genre”, jalan cerita, karakter, dan “latar belakang” yang ada di kepala adalah hal yang baik, kalau Anda ingin menulis novel, Anda tidak harus terlalu terpaku pada semua detail ini di awal cerita.

Salam Literasi

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.