Sebagai pencinta buku, pasti kamu suka pergi ke perpustakaan atau toko buku, di mana ada banyak buku yang berjajar rapi di sana. Apa jadinya jika ada kota yang memiliki banyak buku hingga dijuluki Kota Buku? Pasti kamu bakalan betah apabila pergi ke sana. Ya, sebenarnya ada kota-kota yang diberi gelar Kota Buku.

Kira-kira, kota mana saja yang mendapat julukan Kota Buku atau Book Town? Temukan jawabannya di bawah ini, yuk!

 

Paju, Korea Selatan

Kota pertama yang termasuk dalam Kota Buku adalah Kota Paju di Korea Selatan. Terdapat kawasan yang memang dibangun khusus oleh pemerintah Korea Selatan sebagai pusat industri buku di negara itu yang kemudian diberi nama Paju Book City. Di kota ini, ada sekitar 250 penerbit buku, perpustakaan-perpustakaan, hingga kafe-kafe buku yang tentu menyediakan banyak sekali buku. Salah satu perpustakaan terkenal di sana adalah Forest of Wisdom, yang memiliki lebih dari 200.000 buku. perpustakaan ini pun sering menjadi lokasi syuting beberapa drama terkenal Korea Selatan, lho. Jadi, kalau kamu ingin mengintip perpustakaannya bisa nonton lewat drama Koreanya, nih.

Sumber: rentetan.com

 

Fjærland, Norwegia

Tepatnya terletak di Desa Fjærland, daerah terpencil di Norwegia yang dinobatkan sebagai Kota Buku ini ternyata hanya memiliki 300 penduduk. Namun, meski punya penduduk yang sedikit, kota ini bisa menjadi tempat 15.000 buku. Jika kamu berjalan-jalan di sana, kamu akan dengan mudah menemukan buku di rak-rak yang ada di pinggir jalan maupun sudut lainnya, selain yang ada di dalam ruangan. Tidak hanya sekadar membaca, kamu juga bisa membeli buku-buku tersebut, lho. Cukup meletakkan uangmu ke tempat yang sudah disediakan, kamu bisa membawa pulang buku yang kamu inginkan.

Sumber: latitude65.ca

 

Hay-on-Wye, Wales

Kota kecil Hay-On-Wye memiliki populasi penduduk yang terbilang sedikit, terhitung pada tahun 2011 terdapat 1598 jiwa. Meski demikian, kota ini memiliki lebih dari 20 toko buku yang masing-masing menjual banyak buku. Salah satu toko buku yang bisa kamu kunjungi adalah toko buku yang ada di depan bangunan kastil tua. Sistem pembayaran penjualan buku ini menggunakan sistem kejujuran. Kebanyakan buku yang dijual di sana dibanderol dengan harga $1. Kalau kamu punya kesempatan untuk pergi ke sana, jangan lupa untuk mengunjungi festival literasi tahunan yang biasanya diadakan di akhir bulan Mei, ya.

Sumber: indonesiatraveler.id

 

Bredevoort, Belanda

Kota Bredevoort memiliki 1.500 penduduk dengan 20 toko buku yang buka. Kota yang menjadi salah satu kota penggagas International Organization of Book Towns ini memiliki banyak toko buku, bahkan kamu bisa menemukan pojok buku di jalanan. Terdapat banyak acara literasi juga yang diadakan di sepanjang tahunnya. Salah satu acara yang diselenggarakan di sana setiap hari Sabtu di minggu ketiga setiap bulannya adalah pasar buku yang diberi nama Boekenmarkt. Acara tersebut bisa dihadiri oleh warga luar negeri juga, lho. Jadi, kalau kamu ingin berkunjung ke sana jangan lupa cari informasi terkait acara-acaranya, ya.

Sumber: kalemkahveklavye.com

 

Bècherel, Perancis

Dengan populasi penduduk yang berjumlah 750 jiwa, Desa Bècherel yang termasuk dalam Kota Rennes ini memiliki 15 toko buku dengan 400.000 koleksi buku. Selain toko buku, ada acara-acara menarik yang bisa kamu ikuti, seperti book market di setiap hari minggu pertama dalam satu bulan, book festival di setiap weekend setelah Paskah, dan ada juga book night yang diadakan setiap Jumat di bulan Agustus. Wah, melihat ada banyak acara untuk berburu buku, kira-kira di sana ada buku terbitan penerbit buku Malang tidak, ya? Eits, selain berburu buku, kamu juga bisa ikut workshop kaligrafi dan book-binding juga, lho. Pasti bakal betah deh kalau berkunjung ke Bècherel.

Sumber: pagesjaunes.fr

 

Wah, ternyata banyak juga kota yang dinobatkan sebagai Kota Buku. Sayangnya, Indonesia masih belum ada kota yang terpilih. Namun, jangan berkecil hati. Kamu bisa lho ikut andil dalam mewujudkan impian Indonesia memiliki kota yang mendapat julukan Kota Buku. Caranya adalah dengan menciptakan buku yang nantinya bisa kamu pajang di toko buku.

Tidak perlu khawatir, kalau kamu masih kesulitan untuk menulis, kamu bisa memanggil jasa menulis buku Malang atau dari kota lainnya. Mereka akan dengan senang hati membantumu menulis hingga selesai. Jadi, sudah siap menjadikan kota-kota di Indonesia sebagai Kota Buku?

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.