Sumber: theeverygirl.com

Orang yang produktif menulis selalu memiliki waktu khusus untuk melakukan aktivitasnya. Waktu khusus ini merupakan waktu yang dianggap dapat membuat mereka fokus menulis. Karena dalam e-course kepenulisan sering disebutkan bahwa aktivitas menulis membutuhkan kefokusan penuh dalam mengolah ide menjadi kalimat.

Jika kamu ingin produktif menulis, sebaiknya buatlah waktu khusus yang sesuai dengan keseharianmu sehingga waktu tersebut menjadi waktu yang tepat untuk menulis. Kira-kira, kapan aja sih waktu yang tepat untuk menulis agar kamu lebih fokus dan produktif? Yuk, simak!

 

Ide Datang

Sumber: besarimuhendisi.com

Bisa dibilang, ide adalah anugerah. Ketika ide datang, jangan sampai disia-siakan karena ide tersebut tidak akan tentu datang lagi dan berujung kamu lupakan. Jadi, saat ide datang, sempatkan menuliskannya di note gawai kamu, lalu salinlah di laptop untuk dikembangkan menjadi cerita.

 

Waktu Senggang

Sumber: cellajane.com

Buatlah waktu senggangmu ketika menunggu menjadi aktivitas yang produktif. Salah satunya, kamu dapat menulis sembari menunggu sehingga waktumu tidak sia-sia begitu saja. Biasanya, dengan membaca ulang tulisanmu yang sebelumnya, ide akan datang dan menyatu ketika kamu mulai menulis.

 

Akhir Pekan

Sumber: handmadecharlotte.com

Hari-hari aktif selalu disibukkan dengan segala rutinitas sehingga badan merasa lelah dan sulit fokus jika sudah sampai di rumah. Maka dari itu, lebih baik luangkan waktumu di akhir pekan untuk menulis. Ide-ide yang sudah kamu temukan bisa langsung dieksekusi dengan batas waktu yang sudah kamu tetapkan di akhir pekan.

 

Malam Hari

Sumber: wattpad.com

Suasana malam yang sepi sangat bagus untuk membuat kamu lebih fokus dalam menulis. Semua gambaran dan ide-ide yang kamu dapat di pagi hingga sore hari bisa langsung dituliskan. Entah itu kalimat dalam buku yang kamu baca tadi pagi, curhatan teman di sore hari, atau bisa juga kalimat ketika kamu mengunjungi suatu tempat.

 

Suasana Hati Baik

Sumber: flickr.com

Apabila suasana hatimu baik maka pikiranmu akan lebih segar sehingga mudah untuk melahirkan kalimat-kalimat yang bagus. Jika kamu merasa suasana hatimu sedang baik, lebih baik lanjutkan saja menulis saat itu juga. Tulisanmu akan mengalir begitu saja seperti suasana hatimu saat itu, menyenangkan.

 

Nah, itulah lima waktu tepat yang bisa kamu gunakan untuk melakukan aktivitas menulis. Menulislah selagi kamu memiliki banyak waktu. Buatlah tulisanmu menjadi harta karun yang berharga. Aktivitas menulis jika ditekuni akan melahirkan banyak karya, bahkan kamu bisa membantu orang lain dengan bergabung melalui jasa ghostwriter, lho!

Selamat mencoba!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.