Sumber: senjaandbooks.com

Setelah melalui proses panjang produksi buku hingga cetak dan terbit, bukan berarti kamu sudah bisa duduk santai. Ada satu proses lagi yang harus dilakukan oleh seorang penulis ketika ingin membuat buku, yaitu mempromosikannya. Bukankah tujuan utama kamu membuat buku untuk memberikan pengetahuan dan pengalamanmu kepada orang lain? Nah, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan bukumu, mulai dari mengadakan bedah buku, talkshow, hingga menjadi pembicara di sebuah acara kelas menulis.

Namun saat ini, sudah marak penulis-penulis yang melakukan promosinya melalui media sosial. Lantas, gimana cara jitu untuk mempromosikan buku dengan memanfaatkan media sosial? Simak poin-poinnya berikut ini, yuk!

 

Maksimalkan Akun Media Sosialmu

Langkah pertama yang paling mudah bisa kamu lakukan adalah memaksimalkan akun pribadi medsosmu. Dalam hal ini, kamu bisa mengenalkan bukumu kepada orang-orang yang berteman denganmu di media sosial. Bisa dimulai dari postingan status di WhatsApp, facebook, Instagram, atau media sosial lainnya.

Berawal dari mengunggah foto bukumu yang disertai caption menarik, orang-orang akan tahu bahwa kamu telah menerbitkan buku. Pasti beberapa dari mereka akan penasaran hingga berakhir ingin meminang bukumu.

 

Buat Akun Instagram Khusus

Sumber: instagram.com/missfioree

Pada langkah ini, kamu bisa membuat akun Instagram khusus yang digunakan untuk promosi bukumu. Kalau kamu tidak ingin mengubah feed Instagram pribadimu dengan unggahan tentang buku, langkah ini bisa banget kamu coba. Biasanya, beberapa penerbit buku kini menyediakan jasa pembuatan akun khusus buku.

Mulailah dengan membuat konten-konten dari isi bukumu yang menarik untuk dibagikan ke media sosial. Kamu bisa mengemas konten tersebut dengan desain poster yang unik dan enak dipandang. Saat ini, sudah banyak juga aplikasi edit gambar yang bisa kamu akses secara gratis. Jangan lupa untuk menuliskan caption dan informasi narahubung, ya.

 

Buat Konten di Radio atau Podcast

Selain di Instagram, kamu juga bisa membuat dan mengunggah konten isi bukumu di radio atau podcast. Memang perlu usaha yang lebih, tetapi cara satu ini masih jarang digunakan penulis lain sehingga kamu bisa memulainya dan barangkali saja akunmu itu cepat di-notice orang karena memiliki konten podcast yang berbeda.

Konten-konten yang kamu unggah tidak melulu tentang isi bukumu semua, kok. Kamu juga bisa mengunggah konten yang sejalan dengan isi bukumu, seperti kasus-kasus linier, permasalahan yang sedang viral dan bersinggungan dengan bukumu, serta masih banyak lainnya.

 

Jalin Kerja Sama dengan Media Online

Sumber: wattpad.com/yenykristina

Satu cara lagi yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan bukumu, yaitu membangun kerja sama dengan media online yang bisa membantu mempromosikan bukumu. Biasanya, media online ini mempunyai portal bagian khusus untuk review atau membahas terkait buku.

Nah, kamu bisa menciptakan kerja sama dengan mereka yakni dengan mengirimkan artikel yang mengulas bukumu. Ketika artikelmu itu diterbitkan, pasti jangkauan promosi bukumu jadi makin luas. Selain artikel, kamu juga bisa mengadakan giveaway bukumu dengan media online yang kamu ajak kerja sama.

 

Bangun Interaksi dengan Pembaca

Ketika jangkauan promosi bukumu sudah luas dan berhasil menarik pembaca sehingga mereka ikut memberikan feedback di media sosial maka jangan sampai kamu tidak memberi feedback balik dengan membalas komentar atau menyukai postingan mereka. Kegiatan ini bisa membangun interaksi dan kedekatan antara penulis dengan pembaca. Dengan membangun hubungan yang baik ini bisa berdampak pada image pribadimu, lho. Jadi, jangan sungkan-sungkan untuk menyapa, membalas, dan menyukai postingan pembaca bukumu ya.

 

Wah, ternyata banyak ya yang bisa kamu coba untuk mempromosikan bukumu kepada khalayak. Dari lima cara yang sudah tersebut di atas, sebenarnya juga bisa kamu gunakan untuk media pemasaran. Yap, promosi dan pemasaran memang dua hal yang sangat berkaitan. Jadi, bisa kamu lakukan sekaligus.

Beberapa penerbit, termasuk penerbit buku Malang, Bandung, dan lainnya memang ada yang tidak menyediakan jasa promosi buku. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengeksplor diri untuk mempromosikan dan memasarkan bukumu sebaik mungkin agar dikenal lebih banyak orang.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.