Meski kini zaman semakin maju dan banyak yang beralih ke media catatan elektronik, tetapi buku agenda masihlah mempunyai tempat tersendiri di hati penggunanya. Hingga kini, masih banyak orang yang membawa buku agenda ke mana pun mereka pergi. Mulai dari pelajar, pekerja kantoran, guru, editor naskah di penerbit buku, hingga seorang traveller pun juga ada yang tak bisa lepas dari buku catatannya. Bisa jadi, buku tersebut untuk mencatat kenangan dan momen-momen penting dalam hidupnya ketika bepergian ke mana-mana.

Lantas, apa kamu juga mempunyai buku agenda? Kalau punya, kamu bisa lho berkreasi dengan sampul bukumu itu. Jangan khawatir, artikel ini akan memberimu ide yang ciamik dan sayang jika kamu lewatkan. Coba, yuk!

 

Gambar dengan Spidol

Sumber: letscraftinstead.com

Tips yang pertama, kamu bisa menggunakan benda yang berada di sekitarmu, yaitu spidol. Kalau buku agendamu sampulnya polos maka bisa kamu gambar dengan gambar-gambar yang menarik. Bisa juga dengan membuat garis-garis dari spidol berwarna-warni. Buatlah sekreatif mungkin agar bisa membuatmu semangat untuk menulis.

 

Warnai dengan Cat Air

Sumber: 99.co

Katika kamu bosan dengan sampul yang berwarna itu-itu saja, kini kamu bisa mengkreasikannya dengan mewarnai sampul menggunakan cat air. Sebelum itu, tutup dulu sampul asli bukumu dengan kertas polos berwarna putih. Setelah itu, pegang kuasmu dan bubuhkan cat air sesuka hatimu. Kamu bisa melukis apa yang ingin kamu inginkan pada sampul tersebut. Dijamin deh, tidak ada yang menyamai sampulmu.

 

Manfaatkan Selotip atau Lakban

Sumber: buzzfeed.com

Kalau kamu punya selotip di rumah, kamu bisa berkreasi dengan membuat coretan yang terpola. Rekatkan selotip pada sampul bukumu, lalu buatlah pola gambar yang kamu inginkan. Kegunaan selotip ini bisa membuat tepian coretanmu lebih rapi. Kamu bisa melihat contoh gambar di atas.

 

Gunakan Washi Tape yang Menggemaskan

Sumber: grid.id

Washi tape adalah sebutan untuk selotip yang memiliki motif dan berwarna. Tidak jauh berbeda dengan selotip, kamu juga bisa merekatkan washi tape yang lucu-lucu ke sampul bukumu. Cukup dengan merekatkannya hingga menutupi seluruh sampul buku bisa membuat bukumu tampak berbeda dan pastinya lebih berwarna. Tak hanya itu, dari washi tape ini kamu juga bisa mengguntingnya dan membentuk gambar-gambar yang kamu inginkan.

Sumber: hellocreativefamily.com

 

Kumpulan Stiker

Sumber: youtube.com/Crafty Jas

Kalau kamu suka membeli dan mengumpulkan stiker-stiker, jangan dianggurin atau dibuang begitu saja. Kamu bisa memanfaatkan untuk meletakkannya di sampul buku agendamu. Meski sampulmu sudah memiliki gambar atau bahkan penuh dengan gambar yang kurang kamu sukai, kamu bisa menutupinya dengan stiker yang kamu punya.

 

Serpihan Kertas

Sumber: eslamoda.com

Satu lagi cara yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik sampul buku agendamu adalah dengan menempelkan serpihan-serpihan kertas seperti gambar di atas pada sampul buku. Kertas-kertas tersebut bebas, mau kertas yang sisa kamu menggunting untuk apa saja atau bisa juga kamu memang sengaja menggunting kertas sedemikian rupa untuk ditempelkan pada sampul. Meski harus menempelkan satu per satu kertasnya, tetapi ini bisa membuat sampul bukumu terlihat lebih keren.

 

Nah, itulah beberapa ide kreasi sampul buku yang bisa kamu coba untuk buku agendamu. Mulai dari yang termudah hingga yang paling effort, kamu bisa memilihnya. Tak hanya untuk buku agenda, beberapa tips kreasi di atas juga bisa kok kamu terapkan untuk menjaga sampul buku bacaanmu. Misalnya, kamu takut buku favoritmu terbitan penerbit buku Malang hilang maka kamu bisa menempelkan beberapa stiker pada sampulnya yang menandakan kalau buku tersebut adalah milikmu.

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.