Microsoft Word merupakan salah satu penunjang kegiatan yang banyak digunakan orang, tak terkecuali kamu. Dalam pengerjaannya, pasti kita semua berharap dapat mengerjakan aktivitas yang berkaitan dengan aplikasi ini secara mudah dan cepat.

 

Nah, dalam artikel ini akan dibahas beberapa tips dan trik untuk menggunakan aplikasi Ms. Word, aplikasi yang diandalkan banyak orang.

Sumber: ariesrutung.com

 

Pintasan Dasar Keyboard

Adapun beberapa pintasan dasar yang bisa kamu kuasai agar tidak ada waktumu yang sia-sia selama menulis. Pintasan tersebut, seperti “Ctrl + C” untuk menyalin, “Ctrl + V” untuk menempel, “Ctrl + X” untuk memotong, “Ctrl + F” untuk mencari kata dengan cepat, “Ctrl + G” untuk pergi ke halaman yang diinginkan , dan masih banyak lagi. Sebenarnya, pintasan dasar ini bisa kamu ketahui dengan menuju ke ribbon yang terdapat banyak fitur untuk dicoba.

 

Mengubah Huruf Kapital

Kalau kamu ingin mengubah kata yang kamu ketik menjadi kapital di setiap huruf awal tiap kata atau membuatnya kapital semua tanpa harus mengeklik pada ikon font di Beranda, coba klik “Shift+F3” (untuk Windows) atau tombol “Shift+Fn+F3” (untuk Mac). Shortcut tersebut akan secara otomatis membuat kapital kata yang diblok. Berlaku juga sebaliknya, pintasan ini juga bisa digunakan untuk mengubah huruf kapital menjadi huruf biasa.

 

Menjadikan Kertas Portrait dan Landscape dalam Satu File Word Sekaligus

Sebelum itu, tentukan dulu halaman atau paragraf yang ingin diatur menjadi portrait atau landscape. Kemudian, klik “Page Layout > Page Setup > Margins > pilih Custom Margins”. Setelah itu, kamu harus klik “Portrait” atau “Landscape”. Pada pilihan “Apply to” (kiri bawah), klik “Selected Text”.

Selain itu, cara ini juga bisa kamu lakukan dengan klik “Page Layout > Section Breaks” di toolbar. Selain untuk orientasi halaman, kedua cara ini juga bisa dipakai untuk pengaturan nomor halaman dokumen skripsi atau buku, lho.

Sumber: periscopes.ru

Mencantumkan Keterangan Waktu

Jika kamu ingin menulis tanggal atau jam ketika kamu mengetik, kamu cukup menekan “Shift + Alt + T” untuk jam dan tombol “Shift + Alt + D” untuk tanggal. Perlu diketahui bahwa pintasan ini berlaku pada pengguna Windows. Untuk pengguna Mac, kamu bisa pilih Insert di menu bar lalu pilih Date and Time dan taraaa, tanggal atau jam akan muncul di lembar kerjamu.

 

Mengubah Posisi Konten dalam Tabel

Ketika kamu sedang membuat tabel dan ingin memindahkan salah satu kolomnya ke urutan tertentu, kamu bisa menekan tombol “Alt + Shift + tanda panah Page Up/Page Down”. Dengan begitu, kamu tidak perlu ribet untuk mengaturnya.

 

Dari kelima trik di atas cukup mudah dan efisien, bukan? Kamu bisa mempraktikkan trik di atas selama mengetik  pekerjaanmu, tak terkecuali menulis buku yang akan kamu terbitkan ke penerbit buku Malang. Kamu juga bisa berbagi trik ini ke semua orang, misalnya kamu menyelipkannya pada materi e-course kepenulisan yang kamu buat. Tidak ada salahnya untuk berbagi, kan?

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.