Setiap makhluk hidup tentu bisa merasa lelah. Tidak hanya manusia, tetapi hewan juga memerlukan waktu untuk beristirahat. Seperti harimau yang seharian berburu tentu perlu memulihkan tenaga yaitu dengan tidur. Lalu bagaimana dengan ikan” Apa kalian tahu bagaimana ikan tidur”

  1. Cara ikan beristirahat memang berbeda dengan manusia dan hewan kebanyakan. Ikan tidak memiliki kelopak mata kecuali ikan hiu. Mungkin selama ini kita tidak memperhatikan mana ikan yang tidur dan yang tidak karena matanya tampak selalu terbuka.
  2. Ikan tidur dalam keadaan setengah sadar atau tidak benar-benar terlelap. Ikan masih menggerakkan ekornya untuk memastikan agar aliran air menuju insangnya tetap terjaga. Hal ini dilakukan agar suplai oksigen ke dalam tubuhnya tetap terjaga.
  3. Meskipun tidur, ikan harus selalu waspada terhadap segala ancaman atau serangan predator yang bisa muncul kapan saja. Ada pula ikan yang tidur dengan bersembunyi di balik terumbu karang agar tidak terlihat oleh pemangsanya.
  4. Ikan tertidur dengan tubuh yang melayang di air, atau berpura-pura seperti ikan mati dan berbaring di dasar air. Sedangkan hiu dan beberapa ikan berukuran besar akan tidur tanpa menutup mata sambil membuat gerakan berenang yang perlahan.

Sumber: bobo.grid.id

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.