Bicara tentang buku, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah genre. Yups, genre adalah suatu kaidah yang digunakan untuk membedakan ragam atau jenis satu buku dengan buku lainnya. Ada banyak buku dengan berbagai genre, seperti romansa, sejarah, fantasi, atau misteri yang bisa dengan mudah kamu dapatkan di toko-toko buku maupun perpustakaan.

Namun tahukah kamu, ada beberapa genre buku yang jarang diketahui dan dibicarakan orang? Artikel kali ini akan membahas tentang 5 genre buku yang mungkin baru pertama kali kamu dengar namanya.

Bildungsroman

Bildungsroman adalah genre buku yang pembahasannya menceritakan tentang perjalanan hidup seseorang dari awal hingga satu titik tertentu. Tujuan dari sastra bergenre ini adalah menunjukkan perkembangan moral dan perubahan-perubahan dalam hidup tokoh utamanya. Beberapa buku bildungsroman yang terkenal adalah Little Women karya Louisa May Alcott dan Anne of Green Gables karya Lucy M. Montgomery.

Sumber: itsanenchantedlife.com

Bangsian

Termasuk ke dalam jenis fantasi, buku-buku bergenre bangsian biasanya menggunakan akhirat atau kehidupan setelah kematian sebagai latar utamanya. Genre ini dipopulerkan oleh John Kendrick Bangs, yang namanya digunakan untuk menyebut genre ini. Salah satu buku dengan genre ini adalah The Enchanted Typewriter.

Sumber: fantasticfiction.com

Action-adventure

Cerita-cerita di buku bergenre action-adventure menggabungkan elemen laga dan petualangan. Buku dengan jenis ini juga menampilkan sosok hero atau pahlawan sebagai pemeran utamanya. Kisah-kisah dalam genre ini biasanya mendebarkan dan membuat penasaran pembacanya. Trilogi The Hunger Games yang ditulis oleh Suzanne Collins termasuk buku action-adventure yang banyak digemari saat ini.

Sumber: The New York Times

Speculative Fiction

Cakupan dari genre ini cukup luas, seringnya membahas tentang sejarah, alam semesta, supranatural, atau futuristik yang unsur-unsurnya tidak ada dalam kenyataan. Speculative fiction banyak mengangkat tema alam imajinatif. Salah satu karya speculative fiction yang cukup fenomenal adalah 1984 karya George Orwell.

Sumber: theguardian.com

Family Saga

Seperti namanya, topik utama yang diangkat dalam buku-buku family saga adalah kisah kehidupan suatu keluarga atau beberapa keluarga yang saling berhubungan selama periode tertentu. Keluarga Cemara yang ditulis oleh Arswendo Atmowiloto adalah salah satu buku berjenis family saga yang cukup populer di Indonesia.

Sumber: kompasiana.com

Itu dia 5 genre buku yang mungkin masih belum diketahui banyak orang. Ada yang tampak seram seperti bangsian, ada juga yang seolah membawamu ke alam antah berantah seperti speculative fiction. Kamu bisa mendapatkan buku-buku tersebut di toko buku terdekat maupun penerbit buku, seperti penerbit buku Malang.

Tidak kalah penting, setelah mengetahui beberapa genre buku di atas mungkin kamu juga memiliki keinginan untuk membuat bukumu sendiri dengan genre yang berbeda. Kamu bisa mencoba menulis karyamu sendiri dan menghubungi penerbit-penerbit atau perusahaan yang menawarkan jasa menulis buku. Jadi, bagaimana? Genre buku mana yang paling menarik perhatianmu, nih?

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping