Bagi orang yang sangat menyukai buku, mereka akan rela melakukan apa pun untuk mendapatkan buku yang diincar. Apalagi ada orang-orang yang mau pergi hingga ke penjuru dunia untuk mendapatkan buku yang sangat sulit didapatkan di mana-mana, bahkan harga yang dibutuhkan agar bisa meminang buku langka tersebut terbilang fantastis dan bisa membuat dompet menjerit. Mungkin nominalnya bisa juga digunakan untuk membeli mobil sport yang mewah.

Berbicara mengenai buku langka dan mahal, berikut beberapa di antaranya yang berhasil terangkum dalam artikel ini.

 

The Tale of Beedle the Bard

Sumber: chasyide.wordpress.com

Buku pertama adalah The Tale of Beedle the Bard yang ditulis oleh J.K. Rowling. Selain serial Harry Potter, serial buku anak-anak ini juga berhasil menjadi buku yang laris sepanjang masa. Namun, buku ini hanya ada tujuh salinan tangan dengan enam di antaranya diberikan kepada editor Rowling dan teman-temnnya. Sementara salinannya yang ketujuh dilelang dan mampu terjual dengan harga $3,98 atau seharga Rp55 miliar sehingga menjadikannya sebagai buku anak termahal yang pernah dibuat serta manuskrip modern yang paling langka.

 

Comedies, Histories, &Tragedies Mr. William Shakespeare (Folio Pertama)

Sumber: news.ubc.ca

Karya yang terdiri dari 36 drama ini diterbitkan setelah meninggalnya William Shakespeare. Beberapa orang yang menulis dalam karya ini adalah John Heminges dan Henry Condell yang merupakan kerabat Shakespeare. Dua orang tersebut menulis dalam Folio Pertama yang kemudian diterbitkan pada 1622. Berkat ketenaran Shakespeare, karya ini sukses dibanderol $6,1 juta atau setara dengan Rp86 miliar pada 2001.

 

Birds of America

Sumber: culturizando.com

Buku ini ditulis oleh John James Audubon dan terbit untuk pertama kalinya antara tahun 1827 dan 1838. Di dalamnya, menceritakan macam-macam burung yang ada di AS melalui lukisan dengan total 435 lukisan burung. Semua burung tersebut pernah hidup dan bahkan ada yang masih hidup sampai sekarang. Wah, mata terasa dimanjakan oleh karya seni indah di setiap halamannya. Di sisi lain, buku ini totalnya ada 100 eksemplar di seluruh dunia dan dijual dengan harga $11,5 juta atau sekitar Rp162 miliar. Kira-kira, penerbit buku mana yang menerbitkannya, ya?

 

Codex Leicester

Sumber: hammercodex.com

Buku selanjutnya yang tak kalah mahalnya adalah Codex Leicester. Buku yang ditulis oleh Leonardo da Vinci ini seharga dengan mobil mewah Ferari 250 TR tahun 1957, kira-kira dihargai lebih dari Rp410 miliar. Angka yang sangat luar biasa untuk kategori buku. Banyak orang percaya kalau buku tersebut adalah rangkaian tulisan ilmiah da Vinci yang paling penting yang pernah ditulisnya. Buku yang berbahasa Italia Kuno ini merupakan hasil tulisan tangan da Vinci sendiri lho, bukan sebuah cetakan. Meski terkesan mustahil ada yang membeli buku mahal ini, ternyata ada yang membelinya, lho. Dia adalah orang terkaya kedua di dunia versi CBS News, yaitu Bill Gates. Gates membeli bukan karena dia memang memiliki banyak uang, tetapi dia merasa kagum dengan teori yang dikemukakan oleh da Vinci dalam buku tersebut.

 

Alkitab Gutenberg

Sumber: sabdahariaan.com

Buku terakhir yang tak kalah spektakuler mahalnya adalah Alkitab Gutenberg. Uniknya, alkitab ini diperkirakan ada yang dicetak di atas kertas, ada juga yang masih dicetak di atas kulit anak sapi. Belum diketahui pasti berapa jumlah eksemplar alkitab ini diterbitkan, tetapi ada yang memperkirakan bahwa ada total 10 eksemplar di AS dan 14 eksemplar di Jerman. Untuk harga alkitab ini pun ada yang memberi harga per satuan halaman, yaitu dibanderol dengan harga $74 ribu atau sekitar Rp1 miliar. Sementara itu, untuk salinan lengkapnya diperkirakan sebesar $35 juta atau sekitar Rp495 miliar. Wow, hampir setengah triliun, ya.

 

Yap, itulah lima buku paling mahal dan langka yang bisa dirangkum dalam artikel ini, mulai dari termahal yang rendah hingga termahal banget. Gimana, sukses bikin geleng-geleng kepala, kan? Tidak hanya kamu, pasti kita semua merasa penasaran dan ingin pergi melihat buku-buku di atas secara langsung.

Kalau kamu juga ingin menciptakan buku yang langka, kamu tak harus membanderolnya dengan harga mahal, kok. Buatlah bukumu itu langka karena isi yang termuat di dalamnya begitu berbobot dan bermanfaat untuk banyak orang. Tenang, kamu bahkan bisa meminta bantuan jasa menulis buku untuk membantu menuliskan ide bukumu dengan baik jika kamu merasa kesulitan dalam menulis.

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.