Sumber: capturingourdays.com

Membaca buku adalah kegiatan yang menyenangkan, bahkan sakral bagi kebanyakan orang. Jika tidak, mungkin sampai saat ini sudah tidak ada buku dan toko buku karena beberapa penerbit buku gulung tikar. Kegiatan membaca buku sudah dikenalkan sejak kecil dan menjadi bagian kehidupan manusia. Karena menjadi bagian dari hidup, pasti banyak dibahas dalam keseharian.

Pernah gak sih kamu mendengar perkataan dari orang tua atau orang lain ketika membaca buku seperti, “Hayo, kalau baca buku harus duduk,” atau “Baca buku itu buat kamu pintar, lho.” Kalimat-kalimat seperti itu perlu dipastikan, sebenarnya mitos atau fakta agar kamu bisa membaca buku dengan benar. Apalagi, kalau semisal membaca buku adalah hobi favoritmu.

Kira-kira, apa saja sih fenomena yang sering terdengar di masyarakat mengenai membaca buku? Yuk, simak!

 

Orang yang Suka Baca Buku itu Memang Punya Bakat dari Lahir

Sumber: mummyandmini.com

Mungkin tak sedikit orang yang berpikir seperti ini, bahwa orang yang suka baca buku itu memang punya bakat sejak lahir. Padahal, hal ini salah. Membaca merupakan kegiatan yang dibiasakan mulai dari anak berusia 2 tahun, bukan bakat dari lahir. Ketika sebuah kegiatan dijadikan kebiasaan maka akan menjadi terbiasa, apalagi kalau dimulai sejak kecil. Oleh karena itu, jika nantinya kamu ingin memiliki anak yang rajin membaca maka kenalkan dia dengan buku dan ajak dia membaca buku bersama, tetapi jangan dipaksa apabila dia tidak mau.

 

Baca Buku itu Bisa Cegah Depresi

Sumber: nxfavs.com

Mitos yang satu ini, ternyata bisa dibuktikan kebenarannya, alias sudah termasuk fakta. Dilansir dari halodoc.com, seseorang yang hobi membaca buku memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami depresi. Alih-alih menyebabkan depresi, membaca buku dapat menenangkan hati dan pikiran. Hal ini dikarenakan kalimat-kalimat yang magis dalam buku dapat membuatmu seolah memiliki kekuatan dan dihadirkan rasa bahagia.

 

Baca Buku Sambil Tiduran Bisa Memperburuk Penglihatan

Sumber: aphrochic.com

Mitos yang sering kita dengar dari banyak orang tua satu ini bisa kita buktikan kebenarannya karena membaca buku sambil tiduran memang tidak baik untuk kesehatan. Membaca sambil tiduran bisa membuat mata kamu menjadi tegang karena mata akan fokus melihat ke atas terlalu lama. Tentunya, pasti ada alasan di balik larangan orang tua agar tidak membaca sambil tiduran karena memang dapat membuat mata kelelahan. Kondisi mata yang kelelahan ini disebut asthenopia dengan gejala sakit kepala hingga penglihatan kabur.

 

Baca Buku di Tempat yang Gelap Bisa Buat Mata Lelah

Sumber: leaf-blog.com

Membaca di tempat yang gelap juga dapat membuat mata lelah. Hal ini karena pupil mata kamu akan membesar agar cahaya yang masuk lebih besar. Maka dari itu, banyak orang yang melarang untuk membaca di area gelap karena dapat merusak mata. Ternyata, kalimat pada poin ini adalah fakta. Jadi, hindari membaca buku di tempat yang gelap, ya.

 

Orang yang Hobi Baca Buku Itu Kaum Introvert

Sumber: eirnemo.e!04.com

Masing-masing orang memiliki kepribadian yang berbeda dan bukan karena dia hobi membaca buku. Justru, orang yang hobi membaca buku cenderung memiliki pemikiran terbuka dan wawasan yang luas. Jadi, anggapan bahwa orang yang hobi membaca buku adalah orang yang tertutup itu mitos belaka. Mungkin, beberapa pembaca buku lebih senang jika membaca di tempat yang sepi dan jauh dari orang-orang sehingga dianggap sebagai orang yang introvert.

 

Kalau Mau Pintar Harus Baca Buku

Sumber: gurusiana.com

“Kalau mau pintar, harus banyak belajar dan baca buku!”

Mulai dari kecil kamu pasti sering mendengar kalimat tersebut. Memang bisa dikatakan bahwa orang-orang yang memiliki hobi membaca buku lebih pandai karena dia mendapatkan pengetahuan dari buku yang dibaca, yang mungkin tidak dimiliki orang lain. Akan tetapi, 70% dari mereka biasanya lebih rendah hati akan ilmu yang didapat dari membaca buku, tidak berpendapat berlebihan jika ada orang membahas suatu hal dari keilmuan tersebut, seperti ilmu padi, kian berisi kian merunduk.

 

Nah, itulah 6 mitos yang sering beredar di masyarakat. Dari keenam mitos tersebut, mana yang sering kamu dengar?

Sekarang, kamu bisa menikmati aktivitas membaca buku lebih leluasa dan menghiraukan mitos-mitos tersebut, kok. Bahkan, kamu bisa mengoleksi lebih banyak buku yang bisa dibaca dari penerbit buku Malang atau dari penerbit buku kesayanganmu.

Selamat membaca!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.