Sejatinya, setiap pekerjaan memiliki sisi uniknya masing-masing. Sisi unik ini berangkat dari fakta yang pernah terjadi dan dirasakan oleh mereka yang mendalami pekerjaan tersebut. Begitupun dengan pekerjaan penulis, ada beberapa fakta menarik bagi orang yang hobi menulis. Kalau kamu orang yang seperti itu, pasti kamu pernah merasakan fakta-fakta berikut ini, fakta yang hampir semua penulis pernah mengalami dan meraskannya.

 

Sosok yang Imajinatif

Seorang penulis tidak bisa lepas dari imajinasi, bahkan banyak penulis terkenal yang tulisannya hasil dari imajinasi-imajinasi mereka yang spektakuler. Tak hanya penulis fiksi yang suka berimajinasi, tetapi penulis non-fiksi atau karya-karya true story pun tetap punya imajinasi untuk menuangkan ide mereka ke dalam bentuk tulisan.

Seorang Pengamat

Sumber: pixabay.com

Tanpa disadari, seorang penulis memiliki kemampuan sebagai seorang pengamat. Mereka akan lebih peka terhadap lingkungannya, apa yang terjadi, siapa saja orang di sekelilingnya, dan benda apa yang berada di dekatnya, bahkan hingga aroma penciuman serta pendengarannya juga jadi lebih tajam. Hal ini sangat berguna bagi penulis karena dengan mengamati sekitar, mereka bisa menemukan ide-ide menarik untuk ditulis. Apakah kamu termasuk orang yang suka mengamati?

Baper Memperkuat Feel Tulisan

Pernahkah kamu baper ketika membaca sebuah buku fiksi? Menangis ketika baca buku melodrama atau tersipu malu dan senyum-senyum sendiri ketika baca buku romantis? Pasti pernah, kan? Nah, ternyata ada beberapa penulis fiksi yang juga mengalami hal sama, mereka menangis ketika menulis cerita sedih, tersenyum ketika menulis menulis kisah romantis, dan sebagainya. Sebenarnya, hal seperti itu wajar terjadi, lho. Malah itu bisa memperkuat feel pada naskah fiksi, biar naskah semakin lebih baik dan mengalir. Namun, tidak hanya berlaku di penulis fiksi, kadang beberapa orang yang menulis autobiografinya juga kerap baper mengingat kisah perjalanan hidupnya.

Suka Menyendiri

Sebagian penulis suka melakukan aktivitas ini, menyendiri di tempat yang sepi. Mereka yang suka menyendiri biasanya agar bisa lebih fokus dalam menulis dan tidak mau diganggu oleh orang lain. Dengan begitu, mereka akan cepat menyelesaikan tulisan dengan baik dan bisa segera menerbitkan bukunya di penerbit buku di kotanya, misalnya saja penerbit kota Malang. Namun, bukan berarti mereka tidak perlu pergi ke dunia luar, mereka juga tetap membutuhkan refreshing dan mencari udara segar agar pikiran kembali fresh dan relaks. Ya, kali saja bisa menemukan ide-ide baru.

Hobi Mendengarkan Musik

Sumber: pixabay.com

Selain ada penulis yang suka menyendiri dan berada di tempat sepi, ada juga penulis-penulis yang suka mendengarkan musik selama menulis. Mereka mengaku bisa lebih lancar menulisnya ketika sambil mendengarkan musik. Ada pula penulis yang memang membutuhkan musik untuk membangun feel dalam menulis. Misalnya, ketika ingin menulis kisah sedih maka penulis mendengarkan musik-musik yang mellow.

 

Nah, dari fakta-fakta di atas, kamu sudah melakukan dan merasakan yang mana saja, nih?

Kalau jawabannya hampir semua pernah maka kamu bisa dibilang sudah jago dan pro dalam menulis. Well, jangan sia-siakan kemampuanmu ini hanya dengan menulis untuk diri sendiri. Kamu bisa bergabung dan menulis di perusahaan yang menyediakan jasa menulis buku. Selain bisa menolong orang lain, kemampuanmu dalam menulis juga akan semakin berkembang, lho.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.