Sumber: pinterest.com/sophia

Membeli sebuah buku, kemudian membacanya sampai selesai merupakan kegiatan yang mengasyikkan bagi para pencinta buku. Namun, beberapa dari mereka ada yang setelah selesai membaca buku, lalu membiarkannya begitu saja. Padahal, buku adalah aset berharga yang bisa diwariskan kepada anak cucu nantinya. Selain itu, buku juga bisa dijadikan referensi ketika mengikuti e-course kepenulisan.

Ingat ya, aset berharga. Itu berarti buku perlu banget dirawat. Buku yang dirawat akan lebih awet dan baunya tidak apek. Nah, gimana sih caranya merawat buku? Yuk, simak!

 

Cuci Tangan

Sumber: pinterest.com /glialchimisti

Biasakan sebelum membaca buku, kondisi tanganmu sudah dalam keadaan bersih. Biasanya ada orang yang baca buku sambil ngemil atau tangannya habis beraktivitas jadinya kotor. Kalau tangan kotor, takutnya noda-noda tersebut menempel ke buku sehingga membuat warna kertas menjadi menguning atau berubah warna.

Pisahkan Buku

Sumber: br.pinterest.com/telhanortetumelero

Buku perlu dipisahkan sesuai kategorinya dan tergolong lama atau tidak. Hal ini akan membuat rak buku menjadi rapi dan kamu akan dengan mudah untuk mencarinya. Selain itu, buku yang masuk kategori lama perlu penanganan khusus, yaitu dengan mengecek adakah halaman yang menempel atau tidak.

Beri Sampul

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Buku yang diberi sampul jelas akan terlihat lebih rapi. Poin pentingnya, buku akan aman dari debu dan tidak mudah rusak. Hal ini tidak bisa dimungkiri apabila buku diletakkan di dalam lemari atau rak sekalipun, buku akan tetap terkena debu.

Letakkan di Tempat yang Aman

Sumber: Pinterest/farmfoodfamily.com

Letakkan buku di tempat tersendiri, salah satunya di rak. Ketika buku ditaruh di rak, otomatis akan aman dari noda makanan, minuman, dan tidak berserakan di mana-mana. Untuk lebih aman lagi, perlu diberi kamper pada rak buku agar aman dari serangga.

Jaga Kualitas Buku

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Biasanya, ketika membaca buku, kamu akan menemukan kalimat-kalimat ajaib di dalamnya. Ketika menemukannya, jangan pernah melipatnya, tetapi cukup beri sticky note atau stabilo. Hal ini akan membuat bukumu jauh lebih indah.

Bersihkan secara Teratur

Sumber: beres.id

Buku tidak akan mudah rusak dan terlihat terawat apabila kamu rajin membersihkan rak buku. Ketika membersihkan rak buku, kamu juga perlu mengecek bukumu satu per satu untuk menghindari ada yang rusak terkena air atau serangga. Kegiatan ini bisa kamu jadwalkan sebulan sekali.

 

Itulah enam cara paling mudah untuk merawat buku-bukumu. Rawat aset berhargamu dan implementasikan bahan bacaanmu menjadi tulisan agar ilmunya terus mengalir. Belum bisa nulis buku? Gampang, sekarang banyak ghostwriter yang siap membantumu.

Semangat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.