Sumber: pinterest.com/ddaria

Siapa di sini yang bercita-cita menjadi penulis? Angkat tangan!

Kalau mau menjadi penulis, kamu sudah harus tahu target pembaca yang dituju. Target pembaca dijadikan acuan agar kamu bisa tepat dalam menyampaikan sesuatu kepada pembaca dan mencari bahan referensi terkait bukumu. Sebelum menulis buku, tentunya perlu riset terlebih dahulu.

Riset itu penting, ya? Oh jelas. Riset akan membuatmu mengetahui buku-buku atau topik seperti apa yang sedang tren di kalangan pembaca. Kamu juga perlu membaca banyak buku yang juga sesuai target pembacamu.

Nah, jika kamu tertarik dan ingin sekali menulis buku dengan target pembaca usia 8—18 tahun, kamu perlu memahami buku young adult dan middle grade. Kedua buku ini pastinya memiliki perbedaan. Apa saja itu? Yuk, simak!

 

Usia 12 dan 13 Tahun Bahan Bacaannya Sudah Beda, Lho!

Dari segi usia, pembaca kedua buku ini selisih jauh. Buku middle grade dibaca oleh kalangan usia 8—12 tahun dan bisa dibilang untuk saat ini pilihan bukunya masih sedikit. Berbeda dengan buku young adult yang pilihan bukunya relatif banyak karena buku ini dibaca oleh kalangan usia 12—18 tahun.

Konten Buku Young Adult Sudah Masuk Ke Fase Berat

Buku young adult memiliki banyak peminat dan penulis karena konten di dalamnya sudah masuk ke fase yang berat dan mengandung kisah masa sekolah, keluarga, hingga percintaan anak remaja. Sementara buku middle grade, memang dikhususkan lebih ke konten yang ringan dan aman untuk dibaca anak-anak. Bisa dibilang, keduanya juga mengambil cerita yang tidak jauh berbeda dari kegiatan sehari-hari.

Contoh Buku Middle Grade dan Young Adult

Adapun contoh buku-buku yang termasuk dalam buku middle grade antara lain Bunga-Bunga Kertas untuk Ayah karya Hazimah Hasna (2018), Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari (2018), Aku, Meps, dan Beps karya Soca Sobhita dan Reda Gaudiamo (2017), dan masih banyak lainnya.

Sementara buku-buku yang termasuk young adult, yaitu ABG Generasi Pandemi karya Kak Putu Mallika (2022), Rapijali karangan Dee Lestari (2021), dan lain sebagainya.

                        

                     Sumber: ruangmenulis.com                               Sumber: najlazea.blogspot.com

 

                   

                                         Sumber: turasih.blogspot.com                    Sumber: Dokumen Litera Mediatama

 

Sumber: hai.grid.id

Sudah selesai. Gimana? Sudah terpikir mau menulis buku apa? Atau ide-ide di kepala sudah bertebaran? Kedua buku ini, bisa kamu temukan dengan mudah melalui toko buku offline ataupun online. Penerbit buku Malang juga banyak yang menerbitkan buku middle grade dan young adult.

Yuk, segera realisasikan idemu. Kalau kamu kesulitan menulis, bisa kok bekerja sama dengan jasa menulis buku. Ada banyak cara menjadi penulis.

Selamat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.