Sumber: suarasurabaya.net

Saat bersekolah dulu, apakah kamu suka pergi ke perpustakaan? Ternyata, pergi ke perpustakaan bisa membawa banyak manfaat, lho. Manfaat utamanya tentu memperoleh berbagai pengetahuan baru. Apalagi secara gratis, bahkan kamu juga bisa meminjam buku di perpustakaan dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena manfaatnya ini, baik pemerintah dan berbagai pihak lainnya jadi giat mendirikan perpustakaan-perpustakaan di berbagai daerah. Hingga akhirnya, dapat ditemui banyak sekali perpustakaan pada suatu wilayah, seperti di wilayah-wilayah berikut.

 

India

India menjadi negara urutan pertama yang memiliki perpustakaan terbanyak dengan jumlah 323.605 perpustakaan. Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, tentu tak heran bila banyak dibangun perpustakaan di India agar mampu menjangkau seluruh penduduknya. Salah satu perpustakaannya yang unik ada Bookworm Paviliun. Perpustakaan tersebut berada di ruang terbuka, mulai dari rak buku hingga kursi-kursinya, semua beratapkan langit. Namun demikian, koleksi buku di perpustakaan ini tetap banyak dan beragam. Setidaknya, terdapat 12 ribu buku bacaan di Bookworm Paviliun.

Indonesia

Di urutan kedua ada negara kita, lho. Indonesia menjadi negara urutan kedua yang memiliki perpustakaan terbanyak dengan jumlah 164.610 perpustakaan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 68,89% atau 113.541 di antaranya adalah perpustakaan sekolah. Perpustakaan-perpustakaan tersebut tentu diisi berbagai koleksi dari para penerbit, seperti penerbit buku Surabaya, penerbit buku Jakarta, hingga penerbit buku Malang. Perpustakaan tertinggi dan terlengkap di Indonesia adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan tinggi 27 lantai dan diisi jutaan koleksi buku.

Sumber: tribunnews.com

Rusia

Rusia menjadi negara urutan ketiga yang memiliki perpustakaan terbanyak dengan jumlah 113.440 perpustakaan. Salah satu perpustakaannya, yakni Perpustakaan Negeri Rusia dianggap sebagai perpustakaan terbesar di Eropa dan terbesar kedua di dunia. Perpustakaan ini juga merupakan perpustakaan tertua di Rusia. Selain itu, ruangan-ruangannya pun tak pernah sepi dari pengunjung, mulai dari anak-anak, akademisi, hingga orang tua sekalipun.

China

China menjadi negara urutan keempat yang memiliki perpustakaan terbanyak dengan jumlah 105.831 perpustakaan. Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, tidak heran China juga begitu mementingkan literasi masyarakatnya dengan membangun banyak perpustakaan. Salah satu perpustakaannya, The Tianjin Binhai Public Library bahkan disebut-sebut banyak orang sebagai perpustakaan terunik di dunia karena konsep arsitektur yang diusung, yakni futuristik. Hal unik lainnya dari The Tianjin Binhai Public Library adalah memiliki auditorium dengan “bola mata” raksasa di tengahnya.

Dari sekian banyak perpustakaan tersebut apakah karyamu juga ada di salah satu raknya? Kalau iya, tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagimu. Namun, bila belum, mungkin ini saatnya kamu menerbitkan karyamu sendiri. Menerbitkan buku saat ini terbilang makin mudah kok, apalagi kini ada banyak jasa menulis buku yang dapat membantumu mewujudkan impianmu menerbitkan bukumu sendiri.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.