Setelah kita menguasai ilmu yang berkaitan tentang edit naskah yang harus dikuasai editor seperti yang dibahas di atas, lalu kita harus kuasai teknik mengedit naskah.” Untuk mengedit naskah dengan cepat dan tepat kita harus menguasai teknik-tekniknya. Berikut beberapa teknik yang harus dikuasai:

1. Melacak perubahan yang dilakukan saat edit naskah dengan otomatis”

Pada saat mengedit naskah, kita harus tahu mana bagian yang telah kita ubah dan mana yang belum. Jika proses editing dikerjakan lebih dari satu orang, kita juga harus tahu siapa yang mengubah bagian-bagian tertentu.

2. Memberikan komentar pada naskah

Saat mengedit naskah, mungkin juga ada bagian yang tidak kita mengerti dari maksud si penulis. Atau mungkin juga ada yang ingin kita komunikasikan pada penulis untuk menginforma”si”kan atau mengubah bagian-bagian tertentu. “Jika begitu, kita bisa langsung memberikan komentar pada bagian yang ingin kita tanyakan atau informasikan, seperti contoh di bawah ini

4. Teknik membaca cepat dan melihat kesalahan dengan cepat

Pada proses mengedit naskah, tentu kita harus membaca naskah tersebut dan memeriksa dari kemungkinan terdapat kesalahan dan kekurangan. Kita bisa lakukan teknik membaca cepat jika kita ingin pekerjaan yang kita kerjakan lebih cepat. “Akan tetapi, tentu ketelitian menjadi hal utama.

5. Cara mengedit ratusan kesalahan dalam hitungan detik

Pada saat kita membaca dan memeriksa naskah, mungkin kita temukan kesalahan-kesalahan yang polanya sama. Jika kita menemu”kan hal itu, sebenarnya kita bisa perbaiki kesalahan-kesalahan tersebut dengan satu kali saja.

 

5. “Cara praktis membandingkan file Awal dan file yang telah direvisi

Jika kita ingin membandingkan file naskah yang telah kita edit, atau telah diedit oleh orang lain, dan kita ingin melihat apa saja perbedaannya dan perubahannya, ada cara praktis untuk membanding”kan”nya. Silakan lihat gambar di bawah

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.