Coba Anda renungkan, berapa kali dalam sehari Anda menulis apa pun itu? Mungkin ketika dalam sehari sudah cukup sibuk bekerja maka kebiasaan menulis akan terlupakan maka mencoba meningkatkan produktivitas menulis sangatlah penting. Mungkin sering kemudian Anda merasakan sudah memulai kebiasaan menulis tetapi kemudian sulit untuk membuatnya menjadi kegiatan yang konsisten.

Masalah tidak konsisten dalam menulis memang menjadi masalah banyak penulis pemula. Apalagi bagi Anda yang memiliki segudang kegiatan tentu harus mengatur waktu dengan baik. Konsisten dan disiplin mungkin mudah untuk diucapkan ‘kan? Tetapi ketika mencoba untuk mengaplikasikannya ini adalah sesuatu yang cukup menantang untuk ditaklukkan.

Menghilangkan Faktor yang Mengganggu

Untuk bisa menyelesaikan tulisan lebih cepat dan produktif maka Anda harus menghilangkan berbagai faktor yang berpotensi untuk mengganggu. Faktor pengganggu ini seperti smartphone, sosial media, dan Whatsapp. Jadi untuk menghindarinya akan lebih baik Anda menyediakan waktu khusus untuk menulis, misalnya 1 jam setiap harinya. Dalam waktu 1 jam itu Anda hanya fokus untuk menulis tanpa terganggu dengan berbagai hal di sekitar terutama ponsel.

Mengubah Mindset

Mungkin masih ada mindset untuk menunda menulis karena lelah dengan pekerjaan dan kesibukan lainnya. Maka salah satu cara meningkatkan produktivitas menulis adalah dengan mengubah midset Anda sendiri. Cara yang paling mudah untuk mengubah pola pikir ini adalah membayangkan keberhasilan yang akan Anda rasakan nantinya ketika proses menulis ini lebih cepat selesai. Sehingga Anda perlu menemukan motivasi yang tepat untuk digunakan sebagai pendorong agar produktivitas menulis bisa meningkat.

Menuliskan Ide yang Terlintas

Ketika mungkin dalam perjalanan atau sedang bersantai tiba-tiba mendapatkan ide untuk dituliskan dalam naskah buku Anda maka segera catat ide itu. Jika terbiasa menggunakan buku catatan maka segera catat di buku. Anda juga bisa memanfaatkan teknologi aplikasi dalam ponsel untuk membuat catatan khusus tersebut. Ini akan sangat membantu meningkatkan meningkatkan produktivitas menulis karena nantinya akan lebih mudah bagi Anda untuk mengembangkan ide tulisan tersebut.

Meluangkan Waktu Membaca Buku

Setidaknya sediakan waktu 30 menit sampai 1 jam setiap harinya untuk membaca buku atau bisa juga Anda ganti dengan bahan bacaan online. Namun pastikan bahan bacaan tersebut memang sudah berkualitas dan terjamin informasi yang diberikan benar. Dengan begitu pengetahuan Anda akan suatu hal yang bertambah dan bisa digunakan sebagai dasar untuk pengembangan tulisan yang sedang dibuat.

Dengan berbagai cara tersebut maka Anda bisa lebih produktif lagi untuk menulis bahkan menghasilkan sebuah karya buku. Namun memang terkadang Anda akan membutuhkan bimbingan ketika menulis dan menghasilkan karya terbaik, mencari penerbit yang bisa memfasilitasi hal itu tentu akan menjadi sesuatu yang sangat menguntungkan. Anda akan sangat terbantu dengan adanya fasilitas bantuan untuk meningkatkan produktivitas menulis agar semakin semangat berkarya

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.