Dalam menjadi seorang penulis tentunya Anda perlu untuk mengetahui beberapa trik menulis yang penting untuk dikembangkan. Salah satu yang cukup krusial adalah membuat outline naskah sebelum menulisnya. Outline yang jelas dan sudah ditentukan sejak awal akan membantu mempercepat proses penyelesaian naskah.

Ada beberapa tahap yang perlu untuk Anda perhatikan dalam membuat outline naskah buku. Dengan mengikuti langkah yang benar maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menulis naskah dan menyelesaiakannya tepat pada waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Apalagi untuk seorang penulis yang masih pemula hal ini harus dipahami dengan baik.

Menentukan Tema atau Topik Utama Naskah

Anda harus mengetahui terlebih dahulu tema besar yang akan ditulis dalam naskah buku tersebut. Sehingga nantinya saat Anda akan membuat outline di setiap bab dalam naskah tersebut akan lebih mudah. Tidak hanya naskah populer, ketika Anda akan menulis novel maka tema atau genrenya harus dipilih terlebih dahulu untuk lebih mudah dalam mengembangkannya nanti. Anda bisa memilih tema dari sesuatu yang disukai atau dikuasai sehingga akan lebih mudah dalam proses menulisnya.

Membuat Poin-Poin Besar Sebagai Outline

Dengan menuliskan poin-poin besar ini maka Anda akan membuat Anda untuk memaksimalkan kerangka tulisan yang dibuat. Anda harus menuliskan di dalamnya poin-poin utama dan pendukungnya yang menurut Anda akan memberikan dukungan penuh pada buku yang ingin ditulis. Pertimbangkan berbagai aspek yang berkaitan dengan tema yang sudah ditentukan sebelumnya. Sehingga Anda tidak akan keluar dari batasan yang sudah dibuat saat mengaplikasikan trik menulis yang satu ini.

Seleksi dan Atur Outline

Setelah banyak poin yang dituliskan dalam langkah sebelumnya maka Anda harus melakukan proses seleksi terlebih dahulu. Anda juga harus mengurutkan setiap materi yang akan dituliskan agar runtut pembahasan yang dibaca oleh pembaca nantinya. Misalnya Anda akan membahas tentang karyawan maka tuliskan terlebih dahulu pengertian karyawan baru masuk ke pembahasan lainnya sesuai tema yang sudah ditentukan. Jadi nantinya setiap pembahasan akan saling berkaitan dan memberikan informasi yang jelas bagi para pembaca.

Membuat Outline Lebih Detail

Dari poin-poin outline yang sudah dipilih maka trik menulis selanjutnya, Anda harus membuat poinnya menjadi lebih detail. Kembangkan setiap poin outline tersebut dengan perincian yang jelas. Sehingga nantinya ketika Anda mengembangkan tulisan menjadi naskah yang utuh akan lebih mudah untuk melakukannya. Begitu juga dengan waktu pengerjaan yang akan jauh lebih singkat karena Anda sudha mengetahui jelas apa saja yang akan ditulis serta dikembangkan.

Tahap Akhir: Koreksi Outline

Terakhir dari outline yang sudah dibuat Anda harus mengoreksinya terlebih dahulu. Pastikan lagi setiap detailnya memang sudah benar dan urut sesuai materi pembahasannya. Proses koreksi ini tentu menjadi sesuatu yang penting untuk dilakukan. Sehingga Anda bisa mempertimbangkan ulang jika ada bagian yang memang perlu diperbaiki atau diganti.

Dengan mengikuti cara pembuatan outline tersebut maka Anda akan sangat terbantu untuk menuliskan naskah secara lebih cepat. Anda juga bisa memaksimalkan kualitas naskah yang ditulis dengan mengaplikasikan cara ini. Menguasai trik menulis yang satu ini menjadi hal penting untuk dilakukan agar naskah Anda bisa lebih menarik dan memberikan informasi bermanfaat untuk pembaca.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.