Dalam proses mencetak buku , bagian cover tentunya harus dibuat menarik dan sesuai kesan yang diinginkan penulis dan penggunaan laminasi buku adalah salah satu solusinya. Anda perlu memahami bahwa ada dua jenis laminasi yang sering digunakan, yaitu doff dan glossy. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing untuk dimanfaatkan. Maka dengan memahami perbedaan di antara keduanya maka akan lebih mudah bagi Anda memilih jenis laminasi yang tepat.

Laminasi sendiri sebenarnya adalah proses untuk melapisi bahan kertas menggunakan lapisan tipis yang dibedakan menjadi dua jenis laminasi tersebut. Dengan perbedaan perlakuan tentu memberikan hasil yang berbeda pula pada hasil laminasi yang diberikan. Sehingga Anda perlu memperhatikan dengan baik sebelum memutuskan menggunakan laminasi yang mana.

Laminasi Glossy

Laminasi jenis ini digunakan secara khusus untuk memberikan hasil cover yang lebih berkilau atau dapat memantulkan cahaya. Pada hasil cetakan pun bagian permukannya akan lebih licin. Anda akan mendapatkan warna cetakan menjadi lebih terang dan jelas. Jadi jika Anda membuat cover  buku yang warnanya cenderung terang akan sangat cocok menggunakan laminasi jenis ini.

Dengan pertimbangan hasil akhir yang didapatkan dari laminasi buku yang dipilih maka Anda akan mendapatkan kesan buku yang elegan dan glossy. Tentunya ketika akan memutuskan untuk memilih laminasi ini harus disesuaikan juga dengan pertimbangan konsep yang dipilih pada buku yang akan dicetak. Sehingga secara tampilan luar kualitas buku Anda akan meningkat di mata calon pembeli nantinya.

Laminasi Doff

Untuk laminasi doff memang tidak memantulkan cahaya pada permukaannya dan keunggulan lainnya adalah tidak meninggalkan bekas bercak sidik jari. Jika Anda menggunakan laminasi ini maka warna pada bagian cover buku akan lebih tahan lama karena terlindungi dengan baik. Sehingga adanya keunggulan ini akan membuat buku Anda bisa lebih lama disimpan dan warnanya tidak mudah menjadi pudar.

Penggunaan laminasi buku jenis ini akan membuat kesan yang matte pada bagian cover buku menjadi lebih berkelas dan eksklusif. Tampilan yang dihasilkan sederhana dan cocok untuk diaplikasikan pada buku yang membutuhkan hasil cetak dengan pigmen warna yang terang. Sehingga memang Anda tetap harus mempertimbangkan desain cover yang akan digunakan pada buku Anda.

Dengan pertimbangan yang tepat maka Anda akan menghasilkan buku dengan bagian cover yang tidak hanya menarik tetapi juga bisa memberikan kesan buku menjadi lebih mahal dan berkualitas tinggi. Tentunya hal ini menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan dengan baik. Sehingga pastikan Anda sudah merencanakan dengan baik pemilihan laminasi buku yang tepat untuk cover buku Anda.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.