Untuk beberapa kebutuhan menulis resensi buku memang sangat penting dan memberikan manfaat optimal. Resensi sendiri adalah model tulisan yang umumnya akan membahas tentang intisari dan ringkasan dari buku yang diresensi. Nanti pada akhirnya akan muncul kelebihan dan kelemahan dari buku tersebut yang muncul dalam resensi yang ditulis.

Memahami Resensi Buku

Pada dasarnya yang perlu Anda ketahui tentang resensi ini adalah dua hal penting yang harus ada yaitu informasi dan evaluasi. Dalam menulis resensi Anda harus bisa memberikan gambaran penilaian mengenai informasi dan kelebihan serta kekurangan buku secara jelas dan gamblang. Sehingga nantinya akan menarik perhatian para calon pembaca tanpa terkesan Anda memberikan spoiler atau bocoran isi dari buku yang diresensi.

Anda harus objektif dalam memberikan penilaian terhadap buku yang diresensi. Dengan begitu akan lebih mudah untuk menggambarkan isi buku tersebut dan memberikan penilaian yang optimal. Meskipun memiliki fungsi yang evaluatif tetapi juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Dalam menulis resensi buku Anda harus tetap memberikan apresiasi pada karya buku yang sedang diresensi.

Cara Menulis Resensi Buku

Ada beberapa langkah yang harus Anda perhatikan dalam menulis resensi buku agar dapat menghasilkan resensi yang berkualitas. Tidak hanya informatif tetapi juga evaluatif untuk dibaca para calon pembaca buku tersebut. Sehingga nantinya resensi yang Anda buat akan memiliki kualitas yang optimal dan berguna sebagai bahan pertimbangan calon pembaca buku. Maka sebaiknya berhati-hati dalam menulis resensi karya buku ini.

Berikut beberapa langkah yang harus Anda perhatikan dalam membuat resensi yaitu:

  1. Anda harus mengenali terlebih dahulu berbagai aspek buku yang akan diresensi seperti tema, deskripsi, jenis, dan berbagai informasi dasar lainnya yang penting untuk disampaikan
  2. Baca buku tersebut dengan teliti dan komprehensif sehingga and abisa memberikan penilaian secara tepat. Sebaiknya Anda membaca keseluruhan buku bukan hanya sekilas untuk menemukan kelebihan dan kekurangannya secara lebih mendalam
  3. Tandai bagian buku yang Anda perlu perhatikan secara khusus untuk menentukan bagian yang akan dijadikan sebagai data dalam menulis resensi nantinya
  4. Buat intisari dari buku tersebut cukup yang ringkas dan dapat menggambarkan isi buku secara menyeluruh dan mendalam
  5. Berikan penilaian mengenai kualitas buku yang akan diresensi berdasarkan sudut pandang yang ingin ditonjolkan

Dengan memperhatikan beberapa langkah tersebut maka Anda akan lebih mudah untuk menjalankan proses menulis resensi ini. Mengenali buku yang akan diresensi secara menyeluruh akan sangat membantu Anda untuk bisa mengulasnya secara tepat dan informatif untuk para calon pembaca. Maka perhatikan dengan baik proses menulis resensi buku agar lebih mudah bagi Anda untuk membuat tulisan yang berkualitas.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.