Dalam menulis novel tentu ada trik yang perlu untuk Anda aplikasikan dengan baik. Trik ini tentunya akan membantu untuk menarik perhatian pembaca dan meningkatkan kualitas cerita dari novel itu sendiri. Sehingga dalam membuat cerita dalam sebuah novel juga tidak bisa sembarangan, harus ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan baik sebelum menulis cerita novel tersebut.

Membuat alur cerita yang menarik mungkin bukan hal yang mudah bagi seorang penulis pemula. Namun hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan baik jika Anda mengetahui triknya. Tidak perlu khawatir karena ada trik yang bisa diaplikasikan untuk mendapatkan hasil cerita yang menarik untuk dibaca oleh para pembaca sesuai target yang telah ditentukan.

Membuat Sesuatu yang Baru

Jika Anda senang membaca novel lain sebagai referensi maka saat menulis novel akan mengetahui hal yang sudah banyak dituliskan dalam karya novel kebanyakan. Dengan menciptakan cerita yang baru dan unik tentunya akan menarik perhatian serta menimbulkan rasa penasaran dari para pembaca Anda. Anda perlu memikirkan tulisan atau cerita dalam novel tersebut akan berbeda dengan novel yang sudah banyak beredar di pasaran.

Cerita Novel yang Bagus

Mungkin jika dipikirkan tentu ukuran bagus menurut satu orang dengan lainnya akan memiliki persepsi yang berbeda. Tetapi Anda bisa melakukan standarisasi dengan mempertimbangkan cerita yang dibuat ketika menulis akan membuat orang lain atau pembaca merasa betah untuk berlama-lama membacanya. Dengan alur cerita yang baik dan berkembang secara optimal tentunya akan membuat orang penasaran. Rasa penasaran tersebut akan membuat pembaca ingin terus mengetahui kelanjutan ceritanya.

Buat Lebih Dekat Dengan Pembaca

Alur dan konflik yang dimunculkan dalam cerita novel Anda sebaiknya tidak terlalu mengada-ada dan harus dekat dengan kehidupan nyata. Tentunya kondisi ini juga harus disesuaikan dengan keadaan nyata target pembaca, misalnya remaja tentunya akan berbeda dengan dunia dewasa. Memahami pemikiran pembaca adalah kunci yang harus Anda perhatikan dengan baik. Dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk membawa pembaca masuk dalam cerita yang sedang dibuat.

Memberikan Kejutan

Kebanyakan saat menulis novel kejutan yang diberikan berupa plot twist di akhir cerita. Tetapi Anda juga bisa berkreasi untuk memberikan kejutan di berbagai tempat. Cara yang paling mudah adalah mematahkan pemikiran pembaca yang sudah tergiring sejak awal cerita. Tentunya cerita seperti ini akan seru karena tidak tertebak akhirnya akan jadi seperti apa.

Dengan mengaplikasikan beberapa cara tersebut maka akan lebih mudah bagi Anda untuk bisa membangun kedekatan dengan pembaca dan membawa mereka terlarut dalam alur cerita yang dibuat. Sebagian besar pembaca akan menyukai kisah yang dekat dengan dunia mereka dan tidak mudah untuk ditebak akhir ceritanya. Maka dibutuhkan waktu untuk bisa menulis novel dengan kualitas yang menarik perhatian pembaca.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.