Selama ini untuk dunia literasi tentunya penulisan daftar rujukan buku menjadi sesuatu yang penting untuk dipertimbangkan dengan baik. Penulisan daftar rujukan ini akan membantu untuk meminimalisasi ada nya tindak plagiasi tanpa mencantumkan sumber asli dari informasi yang disajikan. Selain itu, fungsi dari adanya daftar rujukan ini juga membantu pembaca untuk melakukan penelusuran lebih jauh dari sumber informasi yang didapatkan.

Ada dua jenis penulisan daftar rujukan yang selama ini banyak digunakan yaitu Harvard dan Van Cover. Tentu keduanya ini memiliki perbedaan mendasar yang perlu untuk Anda ketahui untuk menentukan jenis penulisan daftar rujukan yang paling tepat untuk digunakan. Sehingga nantinya juga akan memengaruhi kualitas dari buku yang Anda tuliskan.

Daftar Rujukan Harvard Style

Untuk jenis penulisan Harvard ciri utamanya adalah menggunakan nama penulis secara alfabetis sebagai urutan penulisannya. Jika ada sumber rujukan yang asalnya dari penulis dan tahun publikasi yang sama maka tinggal ditambahkan huruf a,b,c, dan seterusnya tepat di belakang tahun publikasi. Banyak yang menggunakan gaya penulisan daftar rujukan buku ini karena memang mudah untuk dituliskan.

Ketika Anda mendapatkan sumber informasi melalui internet dan ingin menggunakan jenis daftar rujukan ini maka harus menuliskan alamat websitenya dengan italic. Berikut beberapa contoh penulisan daftar rujukan untuk Harvard Style.

  1. Nino, Amanda. 2007. Jus Apel Hijau Untuk Kesehatan. Jakarta: Penerbit Aurora
  2. Richard, George. 1998b. New Drugs for Acute Respiratory Distress Syndrome. US J Med 338(3): 156-187.

Van Couver Style

Untuk para pembaca biasanya juga lebih mudah dalam melakukan pengecekan jika dalam buku diberikan daftar rujukan van couver style  ini. Hal tersebut dikarenakan penulisan daftar rujukan akan diberikan nomor sesuai urutan kemunculannya di dalam sitasi buku. Sehingga akan lebih mudah untuk menemukan dan mencocokkan antara yang ada di dalam naskah buku dengan di daftar pustaka.

Kebanyakan jenis daftar rujukan seperti ini banyak digunakan di dunia kesehatan dan kedokteran. Berikut contoh penulisan daftar rujukan buku menggunakan Van Couver style.

(1) Bintang, Chandra. Sistem Pernapasan. Surabaya: Media Pustaka; 2003

(2) Ananda, Cahaya. Neurologi dan Kesehatan. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada; 1998. Hlm. 3-12

Dengan adanya perbedaan tersebut maka Anda bisa menyesuaikan dengan baik cara untuk menuliskan daftar rujukan dengan benar. Dalam buku populer memang kebanyakan menggunakan penulisan Harvard yang lebih banyak diaplikasikan. Sehingga akan lebih mudah untuk ditulis dan dibacakan. Dengan begitu buku Anda akan memiliki kualitas yang baik dengan daftar rujukan buku yang juga tepat.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.