Cara Tepat Merawat Koleksi Buku

Untuk Anda yang suka atau ingin menjadi penulis biasanya akan berdampingan dengan kebiasaan membaca. Maka mengetahui cara merawat koleksi buku di rumah agar kualitasnya tetap terjaga dengan baik. Trik perawatan buku ini akan membuat koleksi buku Anda bertahan lama dan bahkan bisa diwariskan ke keturunan berikutnya. Sehingga fungsinya sebagai ilmu dan manfaat yang abadi akan terjalankan.

Menyampul Buku Baru

Usahakan setiap Anda membeli buku baru segera menyampulnya karena biasanya kerusakan buku saat lama disimpan adalah pada cover-nya yang terlipat atau sudah lusuh. Penggunaan sampul tentu menjadi solusi untuk menjaga kualitas buku terutama bagian cover-nya tetap terjaga dengan baik. Akan lebih baik jika Anda memilih menggunakan plastik sampul yang lebih tebal dan tidak lengket untuk memberikan perlindungan lebih optimal.

Memperhatikan Rak Penyimpanan

Dalam mengaplikasikan cara merawat koleksi buku yang paling penting adalah tempat penyimpanannya. Lokasi rak penyimpanan buku tersebut harus dipastikan tidak lembab dan memiliki pencahayaan yang cukup. Dengan begitu rak penyimpanan dan buku yang disimpan di sana tidak akan mudah berjamur serta tidak mudah didatangi rayap. Maka jangan sembarangan memposisikan rak penyimpanan buku ini karena akan berpengaruh terhadap kualitas koleksi buku Anda nantinya.

Memposisikan Buku Dengan Benar

Agar terlihat lebih teratur dan rapi maka sebaiknya Anda memposisikan buku dengan benar. Bisa mengatur ketinggiannya atau menyusunnya berdasarkan warna sampul buku. Selain terlihat lebih rapi dan menarik, susunan yang tepat dan tidak bertumpuk juga akan menjaga kualitas koleksi buku Anda terjaga seperti masih baru. Bisa juga ditambahkan dengan pembatas agar kualitas setiap buku tetap terjaga dengan optimal.

Membersihkan Secara Rutin

Melakukan rutinitas bersih-bersih tentunya tidak terlepas dari cara merawat koleksi buku yang harus Anda lakukan. Saat akan membersihkan koleksi buku ada baiknya Anda mengeluarkan semuanya terlebih dahulu dari rak penyimpanan. Kemudian bisa dibersihkan menggunakan kain bebas serat satu per satu. Dengan begitu setiap buku akan bersih dari debu dan kotoran lainnya secara lebih optimal. Selain itu, bagian rak yang jarang tersentuh juga lebih mudah untuk dijangkau agar proses pembersihan lebih menyeluruh.

Merawat Buku Dengan Tepat

Saat Anda akan membaca buku tersebut maka pastikan tangan tidak dalam keadaan basah dan letakkan di tempat yang aman. Menyediakan pembatas buku juga penting dalam hal ini sehingga Anda tidak perlu melipat buku untuk memberikan tanda pada bagian yang sudah dibaca. Sehingga setiap halaman buku akan tetap rapi dan lurus tanpa adanya lipatan.

Memiliki koleksi buku yang banyak tentu membutuhkan proses perawatan yang jeli. Sehingga Anda harus rajin untuk melakukan perawatan dan membersihkan koleksi tersebut. Memahami dengan baik cara merawat koleksi buku merupakan modal yang sangat penting. Dengan begitu Anda bisa memiliki koleksi buku yang berkualitas baik hingga jangka waktu yang lama.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.