Menulis memang mampu memberikan berbagai manfaat tidak hanya secara mental tetapi juga kesehatan, ada berbagai manfaat medis dari menulis yang bisa Anda rasakan. Anda bisa memaksimalkan manfaat yang didapatkan dari kebiasaan menulis. Tidak harus menulis naskah yang berat seperti buku, tetapi Anda bisa memulainya dari naskah ringan seperti artikel. Kebiasaan menulis secara rutin ternyata menjadi terapi yang baik untuk kesehatan mental dan tubuh secara keseluruhan. Berbagai usia bisa merasakan manfaat tersebut dengan baik. Maka mulai untuk menulis secara rutin akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan memberikan banyak manfaat untuk Anda.

Membantu Mengubah Pola Pikir Pasien Kanker

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh tim riset jural The Oncologist, membuat tulisan yang ekspresif 20 menit saja bisa mengubah pola pikir pasien kanker terhadap penyakitnya. Sehingga pemikiran yang positif juga akan menjadi energi untuk tubuhnya dalam melawan penyakit tersebut. Kualitas hidup pasien kanker ini juga akan meningkat dengan melakukan kebiasaan menulis, tentu hal ini merupakan salah satu hal yang luar biasa untuk dilakukan.

Memperbaiki Kualitas Tidur  

Salah satu manfaat medis dari menulis adalah membuat kualitas tidur Anda meningkat. Dengan menyempatkan waktu sebentar untuk menulis berbagai hal yang Anda syukuri hari ini sebelum tidur ternyata memberikan pengaruh yang positif terhadap kualitas tidur yang didapatkan. Menurut sebuah studi kebiasaan ini akan membuat Anda memiliki tidur yang lebih panjang dan berkualitas. Tentu akan sangat menguntungkan untuk kesehatan Anda jangka panjang.

Membantu Meluapkan Emosi

Jika Anda menuliskan berbagai hal yang ada dalam pikiran dan perasaan Anda terutama setelah terjadi hal traumatis maka hal itu membuat luka fisik menjadi lebih cepat sembuh. Memendam emosi dalam pikiran dan perasaan memang menjadi hal yang akan memberikan pengaruh terhadap pemikiran dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Maka meluapkannya pada media yang tepat tentu akan sangat membantu meringankan berbagai beban pikiran yang ada. Sehingga nantinya Anda juga akan merasakan keuntungan dari segi medis dengan menjadikan menulis sebagai media untuk meluapkan emosi yang tertahan.

Adanya berbagai manfaat menulis tersebut akan membuka pemikiran Anda mengenai besarnya efek dari kebiasaan menulis untuk tubuh dan pikiran secara keseluruhan. Memiliki kebiasaan menulis tentunya akan memberikan keuntungan lebih untuk Anda dapatkan. Maka mulailah untuk menulis dari sekarang meskipun hanya sebuah tulisan pendek yang mewakili perasaan Anda. Dengan begitu manfaat medis dari menulis bisa segera Anda rasakan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.