Membangun kebiasaan untuk membaca buku sangatlah tidak mudah, apalagi bagi anak-anak. Bagi kalian yang bekerja di E-course kepenulisan pasti paham akan hal ini. Maka dari itu, tentunya perlu campur tangan orang tua sejak dini.

Mengajak anak untuk senang akan buku ataupun gemar membaca harus dimulai dari dini. Nah, kira-kira gimana sih caranya? Yuk, simak!

Buatlah Rak Buku atau Ruang Khusus Membaca

Sumber: ber.web.id

Ketika memiliki rumah, buatlah perpustakaan mini yang mana ruangan itu menjadi tempat khusus untuk membaca. Atau mungkin kamu juga bisa menata koleksi bukumu di rak buku. Melihat buku-buku yang tertata rapi secara tidak langsung membuat anak tertarik untuk membacanya.

Belikan Buku yang Membuat Anak Tertarik

Sumber: ibupedia.com

Di usia 2—12 tahun, anak-anak menyukai buku-buku bergambar. Tontonan mereka pun juga tentang animasi-animasi petualangan. Amati apa yang sering ditonton oleh anak akhir-akhir ini kemudian belikan buku yang berisi gambar-gambar animasi tersebut atau cerita yang hampir sama.

Ajak Anak Pergi ke Toko Buku

Sumber: magicpin.com

Sesekali ajak anak untuk pergi ke toko buku di hari libur. Kenalkan anak kepada dunia yang ingin dijadikan sebuah kebiasaan. Di sana, berikan kebebasan untuk anak memilih buku yang disukai dan belikan buku tersebut.

Jadilah Contoh

Sumber: Pinterest/weheartit.com

Anak-anak cenderung mengikuti kebiasaan orang tuanya. Artinya, jika ingin mengajarkan anak untuk gemar membaca, berarti kamu harus melakukan itu sebelumnya. Orang tua tidak hanya menyuruh anaknya untuk terbiasa membaca buku, tetapi dirinya sendiri juga harus menjadi contoh.

Agendakan Membaca Buku

Sumber: scholastic.com

Kebiasaan akan terbentuk apabila sering dilakukan. Maka dari itu, orang tua perlu membuat jadwal rutin membaca buku bersama agar anak terbiasa. Dari kebiasaan inilah, nantinya anak tidak akan lepas dari yang namanya membaca buku.

Pancing Anak Untuk Bercerita Buku yang Dibaca

Sumber: educenter.com

Setelah membelikan buku kepada anak, coba berikan pertanyaan sederhana tentang sampul buku, “Kira-kira ini ceritanya tentang apa, ya?”. Apabila anak sekiranya sudah selesai membacanya maka berikan pertanyaan lanjutan mengenai isi cerita dalam buku tersebut. Ketika diberikan pertanyaan tersebut, anak akan antusias untuk menceritakannya dan ingin membaca cerita dari buku-buku lainnya.

 

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengajarkan anak gemar membaca. Sebagai orang tua, kamu perlu kreatif untuk menemukan cara membangun kebiasaan positif kepada anak. Selain trik di atas, kamu juga bisa mengajak anak untuk membuat sebuah buku bersama.

Saat ini kamu bisa menerbitkan buku dengan mudah, kok. Kamu tinggal mencari infonya di Penerbit Buku Malang atau penerbit yang ada di kotamu. Selamat mencoba!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.