Sumber: majalah.ottencoffee.co.id

 

Hai coffee addict, kopi apa yang kamu minum hari ini, americano, latte, espresso, atau mungkin cappuccino? Para coffee addict seperti kamu pasti sudah hafal di luar kepala berbagai macam kopi yang ada. Bahkan mungkin kamu juga mengerti apa biji kopi terbaik yang ada di dunia ini. Kopi tidak dianggap sebagai segelas minuman saja, tapi kopi adalah filosofi. Kopi adalah kehidupan sehingga segala seluk beluk tentang kopi itu indah dan patut untuk dipahami. Namun, menjadi penikmat dan pecinta kopi saja tidak cukup untuk bisa memahami dunia perkopian. Kamu perlu membuka jendela dunia untuk memperluas wawasanmu. Caranya bisa dengan buku berikut!

 

The World Atlas of Coffee: Form Beans to Brewing

Buku karya James Hoffman ini cukup lengkap dalam mengupas perjalanan kopi dari berbentuk biji hingga proses penyeduhannya. Latar belakang penulisan buku ini karena James Hoffman berkeinginan agar kopi lebih bisa dinikmati. Kopi tidaklah eksklusif dan misterius, tetapi layaknya atlas terbaik bagi seseorang untuk melakukan perjalanan. Buku ini bisa menjadi panduan bagimu untuk bisa menikmati kopi seutuhnya.



Sumber: cambercoffee.com

The Blue Bottle Craft of Coffee

Buku ini layaknya sebuah ensiklopedia dalam dunia perkopian. Ditulis oleh James Freeman, Caitlin Freeman, dan Tara Duggan. Buku ini memuat berbagai jawaban atas pertanyaanmu terkait dunia perkopian. Tidak hanya itu, buku ini juga dilengkapi berbagai resep kopi populer yang bisa kamu coba.

Sumber: themanual.com

 

Coffee Roasting

Buku karya Eris Susandi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mencoba mengolah biji kopimu sendiri. Diawali dengan pembahasan tentang perkebunan kopi hingga cara melakukan proses roasting yang benar. Pengetahuan semacam ini saja rupanya juga bisa menjadi sebuah buku loh, coffee addict. Oleh karena itu, janganlah malu untuk menuangkan ilmumu di dunia perkopian dalam sebuah buku. Bila masih merasa bingung bagaimana cara menulis, kamu bisa mencoba mengikuti e-course kepenulisan di sekitarmu.

Sumber: biggo.id

 

Buku Pintar Kopi

Buku karya anak bangsa satu ini sudah beberapa kali dicetak ulang loh, coffee addict. Ditulis oleh seorang pegiat kopi yang mungkin sudah tak asing lagi bagimu, yakni Edy Panggabean. Buku ini berisi sejarah kopi Indonesia, jenis tanaman kopi, cara memilih biji kopi, roasting, hingga tips untuk menemukan cita rasa sebuah kopi. Seperti namanya, buku ini akan menjadi buku pintar kopi untukmu.

Sumber: shopee.co.id

Journey of Joe

Sebuah buku karya Regi Suryo yang bercerita perjalanan Joe—sebutan untuk biji kopi. Mulai dari Joe pertama kali ditemukan hingga ia berhasil masuk di Nusantara. Melalui buku ini kamu juga akan diajak berkeliling Nusantara, mengulas berbagai kopi mulai dari Wamena, Gayo, Sulawesi, Bali, Flores, Jawa Timur, hingga Sumatera Utara.

Sumber: mbizmarket.co.id

 

Rupanya kopi tidak hanya nikmat dijadikan teman mengawali hari. Namun, kopi juga menarik untuk dipelajari dari berbagai sisi, mulai dari sejarah hingga cara meracik kopi itu sendiri. Bagaimana coffee addict, apakah ilmu perkopian yang kamu miliki tidak kalah dengan buku-buku di atas. Bila iya, kamu sebaiknya juga mulai menuangkan ilmumu dalam tulisan. Cari penerbit di sekitar, seperti penerbit buku Malang, penerbit buku Jakarta, maupun penerbit buku lainnya. Bekerja samalah dan kemudian ciptakan cerita kopi ala dirimu.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.