Sumber: beritajakarta.id

Membaca buku merupakan aktivitas yang perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Buatlah aktivitas membaca menjadi suatu hal yang menyenangkan bagi mereka. Ketika mereka sudah menyukai aktivitas tersebut nantinya akan menjadi suatu kebiasaan, malah bisa jadi mereka akan melahap semua buku bacaan dari seluruh penerbit buku.

Aktivitas membaca buku tentunya juga harus didukung secara langsung oleh pemerintahan, seperti yang dilakukan oleh Pemerintah DKI Jakarta. Pemerintah DKI Jakarta mengadakan kegiatan Hari Anak Jakarta Membaca atau lebih dikenal dengan sebutan “HANJABA”. Kegiatan ini mendapatkan banyak apresiasi positif dari masyarakat.

Wah, keren! Sejak kapan dan seperti apa, ya, kira-kira HANJABA diselenggarakan?

Yuk, cari tahu bareng-bareng!

 

HANJABA Lahir

HANJABA sudah diselenggarakan sejak tahun 2007 dan diperingati setiap tanggal 24 Agustus. HANJABA diadakan oleh Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudinpusip) Jakarta Pusat. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat karena banyak yang mengikutinya.

Harapannya, HANJABA dapat dijadikan wadah untuk meningkatkan kegemaran anak dalam membaca buku. Lama-kelamaan mereka akan mengerti bahwa membaca buku merupakan kegiatan yang penting untuk menambah pengetahuan. HANJABA juga dianggap sebagai citra Kota Jakarta, yang mana telah menjadi provinsi literasi pertama di Indonesia.

Rangkaian HANJABA

Sumber: news.fileini.com

Rangkaian acara HANJABA dikemas begitu menarik sehingga banyak yang ikut serta. HANJABA mengadakan beberapa lomba, mulai dari lomba mewarnai, menggambar, bercerita, membaca puisi, pidato bahasa Inggris, membuat resensi buku, hingga menulis konten blog. Rangkaian acara tersebut biasanya dilaksanakan selama 3 hari dengan pembagian plot masing-masing lomba tiap harinya.

Jumlah peserta sangat menunjukkan antusiasme dari para pelajar. Peserta lombanya dari anak SD hingga mahasiswa. Bahkan, jumlah pesertanya sampai ratusan. HANJABA diadakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta.

 

Nah, itulah sejarah dan rangkaian acara HANJABA. Aktivitas seperti ini perlu banget dikembangkan oleh beberapa civitas literasi yang dapat mendukung literasi anak. Contohnya, seperti penerbit buku Malang yang memberikan buku atau pelatihan menulis gratis kepada anak-anak.

Wah, pastinya akan menjadi acara yang seru dan semakin meningkatkan semangat anak-anak dalam berliterasi. Yuk, kamu juga ikut serta dalam kegiatan ini. Sama-sama bergandeng tangan untuk meningkatkan literasi!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.