Sumber: wattpad.com

Hayooo, siapa di sini yang suka jajan buku tiap minggu? Bukunya sudah dibaca atau sekadar ditumpuk jadi koleksi aja, nih? Kalau dibaca alhamdulillah, tetapi kalau cuma ditumpuk itu namanya mubadzir. Jangan, ya!

Buku-buku yang telah kamu beli dari penerbit buku jangan sampai digeletakkan begitu saja. Bagaimanapun, kamu harus membacanya karena itu adalah buku pilihanmu. Carilah cara agar kamu bisa membaca buku-buku tersebut satu per satu dengan waktu yang cepat, tetapi kamu juga bisa paham dengan isinya. Sayang sekali kalau buku-buku bagus tersebut tidak kamu baca sebab isi dari setiap buku selalu memiliki kejutan tersendiri, lho.

Nah, gimana sih caranya baca cepat, tapi tetap bisa paham? Yuk, simak tips berikut!

 

Buat Waktu Khusus

Sumber: leibal.com

Buatlah waktu khusus untuk membaca buku sesuai dengan kesengganganmu. Waktu khusus ini akan membantumu membaca buku dengan cepat dan memahami isinya karena kamu akan lebih konsisten membaca dan tidak terganggu oleh hal lainnya yang bisa mengganggu waktu kamu membaca. Kamu bisa memilih referensi waktu khusus sebagai berikut.

  • Pukul 19.00: 30—60 menit per hari
  • Pukul 21.00: 15—30 menit per hari
  • 1 jam setiap 3x dalam sepekan
  • 1—3 jam setiap akhir pekan

 

Cari Posisi yang Nyaman

Posisi sangat memengaruhi pemahaman ketika membaca buku. Maka dari itu, ciptakan posisi yang nyaman sebelum membaca buku, seperti duduk dengan berselonjor dan meminum the atau duduk bersandar di sofa yang empuk di ruang tamu. Posisi dan suasana yang tercipta nyaman dapat membuatmu lebih menikmati bacaan sehingga fokus terhadap setiap tulisan dalam buku.

 

Beri Target Halaman

Sumber: studyeuropeanlaw.tumblr.com

Aktivitas yang diberikan target ketercapaian dikatakan bisa berhasil 90% dibanding yang tidak ada target. Hal ini karena target dijadikan sebagai pemicu untuk terus bergerak. Ketika kamu memberikan target membaca, kamu dapat lebih fokus untuk menyelami isi buku dengan tidak tergesa-gesa agar lebih paham dengan isinya. Kamu bisa memulai target membaca sehari 10—15 halaman atau bisa membuat kalender per minggu.

 

Tetapkan Tujuan

Tanyakan kepada dirimu, apa tujuan yang akan kamu capai ketika membaca buku tersebut. Apabila kamu sudah menentukan tujuan maka secara tidak langsung kamu akan terpicu menyelesaikannya. Jika tujuanmu untuk mencari bahan referensi, temukan bab-bab penting yang sesuai dan bacalah bab-bab itu saja.

 

Tandai Kalimat Penting

Sumber: instagram.com/@ichejangkan

Menandai setiap kalimat dalam buku membuatmu lebih mudah untuk menghafal dan memahaminya. Informasi yang kamu butuhkan perlu ditandai dengan highlighter atau stabilo warna-warni dan berikan penanda juga bila perlu. Hal ini dilakukan agar ketika kamu ingin mencari lagi kalimat tersebut, akan lebih mudah bagimu untuk menemukannya.

 

Baca Utuh

Bacalah satu kalimat utuh ketika membaca buku agar menemukan informasi penting dalam bab tersebut. Jangan membaca setiap kata dan berulang karena membuat waktu membaca menjadi lama. Lebih baik, babat habis per kalimat, lalu berpindah ke halaman berikutnya.

 

Ringkas Buku

Membuat ringkasan dapat membantumu mengingat kembali poin-poin penting yang sudah ditemukan dalam buku. Kamu bisa meringkas isi topik pembahasan dalam buku, kemudian membagikannya di sosmed. Rangkailah ringkasan tersebut sesuai dengan bahasamu sendiri.

 

Oke, itulah 7 tips ketika kamu ingin membaca buku dengan cepat dan memahami isinya. Pemahaman akan isi buku yang dibuat dan dibagikan di sosmed bisa membantu orang lain lho, terutama orang-orang yang bekerja di jasa menulis buku ketika ingin mencari bahan referensi buku terkait. Jangan malas baca buku, ya!

Selamat mencoba!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.