Sumber: Pinterest/milkmagazine.net

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli lalu, sudah selayaknya kita melek akan literasi terhadap anak-anak. Hal ini karena mereka merupakan generasi selanjutnya yang siap membawa perubahan bagi bangsa. Literasi ini tidak hanya mengacu pada membaca dan menulis saja, tetapi menyangkut semua kemampuan yang perlu dikembangkan pada diri anak. Pengembangan diri anak ini perlu dilatih dan dibiasakan, lalu dinikmati secara perlahan tanpa ada paksaan.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menanamkan kebiasaan membaca. Membaca buku dapat melatih daya ingat dan pemahaman akan suatu hal. Nah, bagaimana sih cara menanamkan kebiasaan membaca ini kepada anak-anak?

Yuk, simak!

 

Tata Rapi Buku di Rak

Sumber: Pinterest/m.ok.ru

Buku-buku yang berjejer rapi di rak buku dapat menarik perhatian anak, apalagi jika memiliki warna sampul yang bermacam-macam. Anak akan penasaran terhadap buku tersebut. Dimulai dari melihat gambar pada sampul, menanyakan isi buku, dan terdapat ilustrasi gambar di dalamnya atau tidak.

Lakukan Aktivitas Membaca

Sumber: Pinterest/careergirldaily.com

Anak-anak cenderung mengikuti aktivitas orang tuanya. Mereka selalu penasaran dan ingin mencoba segala hal ketika melihat orang tuanya melakukan hal tersebut, misalnya orang tua bekerja pada bidang jasa menulis buku, saat itu anak akan memiliki cita-cita ingin bekerja di bidang itu pula. Maka dari itu, lakukanlah aktivitas membaca buku terlebih dahulu secara rutin sebelum menanamkannya kepada anak karena kebiasaan-kebiasaan yang seperti itu juga akan diikuti oleh anak.

Ajak Anak Membaca Bersama

Sumber: Pinterest/rollerrabbit.com

Kegiatan bersama orang tua merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi anak. Mereka merasa diperhatikan dan disayangi karena tidak dibiarkan menghabiskan waktu seorang diri. Kegiatan membaca buku bersama dapat memicu anak untuk menyukai dunia baca karena dilakukan bersama orang tua, selain itu juga dapat meningkatkan kedekatan dan interaksi antara orang tua dan anak.

Ceritakan tentang Manfaat Membaca

Sumber: freepik.com

Memberikan pengertian akan pentingnya membaca buku perlu disampaikan kepada anak agar mereka mengerti tujuan dari aktivitas tersebut. Berikan pengertian singkat betapa bermanfaatnya membaca buku. Juga diberikan contoh sosok nyata yang dapat dijadikan inspirasi, bahwa sosok tersebut mendapatkan banyak ilmu dari membaca buku.

Biasakan Mengobrol dengan Anak

Sumber: Pinterest/webmd.com

Pada kesempatan tertentu, usahakan untuk mengajak anak mengobrol menyangkut buku yang sudah dibaca atau yang akan dibaca. Berikan pertanyaan dan pernyataan yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari agar mereka semakin penasaran akan buku tersebut. Biarkan pikiran dan imajinasi mereka bekerja dengan sendirinya.

Buatlah Dia Membaca sambil Bermain

Sumber: Pinterest/teachinglittles.com

Usia anak-anak adalah usia yang penuh dengan kesenangan bermain. Berikan anak buku yang bisa dibuat bermain, seperti buku yang ada media untuk coret-coret atau menggambar. Kesenangan ini akan membuat mereka tidak bosan dan menyukai aktivitas membaca buku.

Belikan Hadiah Buku

Sumber: Pinterest/tvornica-snova.hr

Berikan anak hadiah buku, selain memberikannya permainan yang disukai. Mereka selalu senang dan ingin segera memakai hadiah yang telah diberikan, terlebih jika itu hadiah dari orang tua. Belikan buku yang terdapat gambar-gambar menarik di dalamnya.

 

Oke, itulah tujuh cara yang bisa dilakukan untuk menanamkan aktivitas membaca buku kepada anak. Salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan literasi karena literasi terhadap anak harus dimulai sejak dini dan dibiasakan, tentunya tanpa ada paksaan.

Kalau kamu memiliki cara lainnya, boleh banget dibagikan, lho. Coba tulis cara-cara itu agar dapat direalisasikan oleh orang lain melalui artikel atau buku. Jika bingung menulisnya harus bagaimana, kamu bisa belajar dulu cara menulis melalui e-course kepenulisan, saat ini sudah banyak kok di internet.

Selamat mencoba!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.