Memang tidak mudah untuk bisa menjadi seorang pemimpin yang hebat dan dihormati oleh anggotanya. Namun, itu bukan berarti semua orang tidak bisa menjadi pemimpin, siapa pun bisa jadi pemimpin. Meski ada kualifikasi-kualifikasi yang harus dipenuhi oleh seorang pemimpin, tetapi banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri.

Berikut ini rekomendasi buku-buku bertema pemimpin dan kepemimpinan yang bisa kamu pelajari.

 

I am Your Coach – Fauziah Zulfitri

Sumber: Dokumen Litera Mediatama

Ketika membaca buku ini, kamu akan diajak untuk mengetahui cara memimpin yang berbeda. Apa yang berbeda? Dalam buku yang diterbitkan tahun 2020 ini, Fauziah menawarkan cara menjadi leader sekaligus coach dengan prinsip dasar positive leadership. Adapun 3 essential steps yang wajib dilewati oleh seorang pemimpin untuk bisa mewujudkan memimpin manusia dengan dasar cinta dan penghargaan adalah positive purpose, positive action, dan positive result. Tentu ini akan sangat membantu bagi pemimpin yang ingin membangun positive vibes untuk orang-orang sekitarnya.

 

Start with Why – Simon Sinek

Sumber: elsamara.id

Ditulis oleh seorang pembicara yang terkenal dan sangat menginspirasi, buku ini terbit pada tahun 2009 dalam bahasa Inggris. Sesuai dengan judulnya, semua tindakan yang dilakukan oleh seorang pemimpin perlu berlandaskan kata “mengapa/why”, mengapa seorang pemimpin perlu mengambil keputusan, mengapa pemimpin harus segera bertindak, mengapa pemimpin harus menjalin komunikasi, dan masih banyak lainnya. Di dalamnya juga terdapat contoh-contoh kasus yang bisa kamu jadikan refleksi, apakah kamu sudah melalui, merasa, dan mempunyai pemikiran sebagai seorang pemimpin yang dicontohkan.

 

Ciptakan Keputusan Berbeda – Virgo Sinaga

Sumber: Dokumen Litera Mediatama

Sebagai seorang pemimpin, pasti akan sering dihadapkan oleh banyak pilihan, baik itu yang datang dari anggota maupun di luar anggota. Nah, dalam bukunya, Virgo Sinaga (2021) mengajak para pemimpin untuk berani mengambil keputusan yang berbeda. Berbeda di sini berarti pemimpin harus bisa memutuskan pilihan yang belum terpikiran oleh orang lain, atau bahkan bisa saja keputusan yang tidak disetujui oleh orang lain. Tentunya, keputusan tersebut diambil untuk kebaikan bersama.

 

Book of Leadership – Agung Gunawan

Sumber: shiramedia.com

Seorang pemimpin identik dengan orang yang berkuasa. Sebenarnya hal ini tidak tepat. Melalui buku yang ditulis oleh Agung Gunawan, kamu akan mengetahui gimana menjadi pemimpin yang tepat dan berpengaruh, bukan yang berkuasa. Selain itu, ada cara-cara yang bisa diaplikasikan jika kamu ingin memiliki potensi sebagai seorang pemimpin.

 

What’s Up, Leader? – Zubel Sitorus

Sumber: Dokumen Litera Mediatama

Seorang pemimpin harus bisa mengikuti perubahan zaman, apalagi perubahan-perubahan pada zaman milenial saat ini yang menjadi tantangan besar. Akan tetapi, perubahan zaman juga bisa menjadi peluang yang besar bagi sebuah kelompok atau perusahaan untuk menaikkan level kompetensi diri. Itulah sedikit yang dibicarakan dalam buku What’s Up, Leader? yang diterbitkan tahun 2022. Menjadi pemimpin memang perlu mengetahui kondisi dan situasi yang terjadi di masyarakat agar tujuan perusahaan atau kelompoknya bisa tercapai.

Better Internet Better Life – Safa Dalmima

Sumber: Dokumen Litera Mediatama

Pemimpin yang sukses adalah mereka yang memiliki kemampuan untuk melihat dan mewujudkan masa depan perusahaannya. Lika-liku perjalanan seorang pemimpin yang hebat memang tidak sedikit, ini tergambar dalam buku Better Internet Better Life karya Safa Dalmima (2022). Dalam buku ini, diceritakan bagaimana sepak terjang seorang Roberto Gustinov, pencetus internet service provider Bnet, selama merintis usahanya hingga kini ia berhasil memimpin perusahaan menjadi lebih berkembang. Ada banyak hal yang bisa kamu ambil dari buku ini, apalagi terkait kepemimpinan.

 

Nah, keenam buku di atas, bisa kamu dapatkan di penerbit buku masing-masing buku. Kamu juga bisa menjumpai buku-buku tersebut di toko buku terdekat. Barangkali dengan membaca salah satu atau semua buku di atas kamu jadi makin tergugah untuk menjadi pemimpin yang lebih baik, entah itu pemimpin untuk diri sendiri maupun pemimpin bagi orang lain.

Kalau kamu ingin berbagi tips atau kiat-kiat menjadi seorang pemimpin juga tidak ada salahnya, kok. Kamu bisa menuliskannya dalam sebuah buku. Jika merasa kesulitan dalam menulis, kamu bisa mengikuti kelas menulis atau book writing camp yang ada. Selain bisa membantu memperlancar proses tulisanmu, kamu juga akan mendapatkan relasi, lho.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.