Sumber: id.pinterest.com

Membaca bagi sebagian orang menjadi kegiatan yang membosankan, tetapi bagi sebagian lainnya menyenangkan. Selain menjadi sarana hiburan, tentunya membaca buku juga dapat menambah wawasan kamu. Kalau saat ini kamu lebih banyak membuka sosmed daripada membaca buku, sepertinya kebiasaan itu perlu diubah. Jangan hanya bermalas-malasan rebahan, ya hehe.

Mulai hari ini, yuk coba pelan-pelan ubah kebiasaanmu untuk membaca buku. Ada empat cara simpel yang bisa kamu terapkan, loh.

Baca Buku yang Kamu Sukai

Poin penting ketika membaca buku adalah pilih buku yang menarik di matamu. Kalau sudah suka sama bukunya, dijamin kamu gak akan bosan saat membacanya. Enjoy!

Buku memiliki banyak jenis hingga genre. Setiap buku bacaan pasti memberikan pengalaman baru bagi pembacanya. So, kamu cukup pilih buku-buku yang kamu sukai dan mulai membacanya.

Bawa Ke Mana pun Kamu Pergi

Buku merupakan salah satu benda yang paling aman dibawa ke mana pun kamu pergi. Kamu bisa memulai membaca buku di waktu-waktu senggang atau santai. Misalnya, ketika berada di dalam transportasi umum, menunggu seseorang, bahkan liburan.

Coba deh biasakan bawa buku di tasmu. Baca di saat-saat kamu senggang, ya lumayanlah bisa dapat 1—4 lembar. Kalau setiap hari dibaca otomatis dalam kurun waktu 1—2 bulan kamu bisa saja menyelesaikan satu buku bacaan.

Buat Jadwal Membaca Bukumu

Memulai kebiasaan baru memang perlu waktu khusus, apalagi buat kalian kaum rebahan. Salah satunya perlu membuat jadwal agar teratur. Kamu perlu membuat jadwal membaca buku di waktu-waktu yang nyaman menurutmu. Biasanya orang-orang memberikan waktu untuk membaca buku di malam hari sebelum tidur.

Tidak perlu lama-lama. Kamu setidaknya bisa menyempatkan waktu 15—30 menit setiap hari untuk membaca buku. Dari memulai konsisten dengan jadwal inilah kamu nantinya akan terbiasa membaca buku.

Beri Tantangan untuk Dirimu

Menantang diri sendiri merupakan salah satu cara membuatmu termotivasi dan menangkis rasa malas. Kamu perlu mencobanya untuk mengubah kebiasaanmu. Ketika melakukannya kamu perlu memberikan reward  dan punishment kepada diri sendiri.

Ada dua cara yang bisa kamu coba. Pertama, kamu memberi tantangan untuk membeli satu buku per bulan dan membacanya sampai selesai dengan kurun waktu 1—2 bulan. Kedua, kamu bisa mengikuti tantangan trainer menulis sebuah buku karena dengan menulis maka kamu perlu membaca banyak buku pula.

 

Yup! Itu tadi empat cara simpel yang bisa kamu terapin untuk mengubah kebiasaanmu. Yuk mulai pelan-pelan. Kalau sudah terbiasa membaca buku, kamu bisa juga loh memulai kebiasaan positif lainnya seperti mengikuti kegiatan Book Writing Camp (BWC), Camp Fire Outbond, dll. Jangan buang waktumu, mulai dari sekarang!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.