Salah satu masalah yang kerap ditemui oleh para pemilik buku adalah menguningnya kertas buku. Seiring berjalannya waktu, kertas pada buku biasanya perlahan akan berubah warna menjadi semakin kuning dan mengeluarkan bau apak khas kertas usang. Oksidasi dan jamur adalah salah satu penyebab kertas buku menjadi kuning. Sama seperti sebuah apel yang diletakkan di udara terbuka, perlahan daging apel akan menguning. Begitu pula dengan kertas buku yang semula bersih, bisa muncul noda-noda kuning di beberapa halamannya.

Nah, untuk menghindar agari buku-bukumu tidak menguning, apa saja sih yang bisa kamu lakukan? Yuk, ikuti cara-cara berikut ini!

Sumber: solopos.com

Simpan di Tempat yang Tidak Lembap

Perubahan warna dan bau buku bisa juga disebabkan oleh tumbuhnya jamur. Bukan rahasia lagi kalau jamur memang kerap tumbuh di tempat yang lembap. Oleh karena itu, jagalah rak bukumu tetap kering dengan mengelapnya secara rutin dan meletakkan dehumidifier atau penyerap lembap agar kelembapan rak serta buku tetap terjaga.

 

Jauhkan dari Paparan Matahari Langsung

Merawat buku memang cukup tricky. Bukan hanya menjaga dari tempat lembap, ternyata buku juga harus dijauhkan dari sinar matahari langsung. Ini karena sinar matahari dapat membuat lembaran kertas buku menjadi kering dan menguning atau bahkan menimbulkan bercak cokelat.

 

Lapisi dengan Plastik Kedap Udara

Ketika kamu membeli sebuah buku, lazimnya penerbit buku yang menerbitkan buku tersebut melapisi bukunya dengan plastik segel untuk menjaga kebersihan buku sebelum dibaca. Nah, setelah plastik segel dibuka, kamu bisa mencoba melapisi bukumu menggunakan sampul plastik transparan. Bukan hanya menyampul bagian depan buku saja, tetapi masukkan bukumu ke dalam plastik ziplock yang kedap udara agar bukumu tidak mudah teroksidasi dan menguning.

 

Bersihkan Secara Rutin

Bersihkan sisi samping luar bukumu secara berkala untuk menghindari debu yang menumpuk. Kamu bisa menggunakan kain kering untuk mengelap debu dan kotoran lain yang menempel di bukumu. Untuk menjaga bukumu tetap bersih, usahakan jangan membacanya saat tanganmu kotor atau sedang memegang sesuatu yang berisiko mengotori buku, seperti membaca sambil makan atau meletakkan gelas berisi kopi di dekat buku.

Sumber: arafuru.com

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga bukumu tidak mudah menguning. Nah, dari cara-cara di atas, mana saja yang pernah kamu lakukan untuk menjaga bukumu tidak berubah warna? Selain dari artikel ini, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas menulis seperti Book Writing Camp untuk berbagi pengalaman menulis, membaca, dan merawat buku. Dengan memberikan perawatan terbaik untuk bukumu, bukumu tidak akan mudah rusak dan layak dibaca hingga beberapa generasi.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.