Dalam penulisan suatu judul bab, penamaan judul bab yang kita temui adalah menggunakan kata “Bab”. Biasanya, kita menemukan penulisan kata “Bab” di buku atau karya tulis yang ilmiah. Ya, penggunaan kata “Bab” ini memang terkesan lebih ilmiah dan kaku. Oleh karena itu, perlu variasi lain yang bisa menjadi alternatif saat ingin membuat buku yang tidak ilmiah.

Ini juga bisa jadi alternative untuk kamu yang mungkin merasa bosan dengan penggunaan kata “Bab” pada judul. Di bawah ini, ada pilihan kata yang dapat menggantikan kata “Bab” dalam suatu judul bab.

  1. Bagian

Kata “Bagian” bisa kamu pakai untuk mengganti penggunaan kata “Bab” pada judul bab. Biasanya, kata “Bagian” ini digunakan pada buku-buku yang semipopuler, di mana isi buku tidak terlalu kaku dan tidak terlalu populer (luwes).

  1. Chapter

Biasanya, kata “Chapter” ini kita temui dalam buku-buku berbahasa Inggris. Akan tetapi, kamu juga bisa menggunakan kata ini meski isi bukumu tidak berbahasa Inggris.

Sumber: adazing.com

  1. Angka

Penggunaan angka langsung tanpa didahului kata “Bab” juga bisa kamu praktikkan dalam bukumu. Jika bukumu adalah buku yang populer atau berbahasa yang ringan, pilihan ketiga ini cocok sekali untuk dicoba. Saat langsung menggunakan angka tanpa didahului kata “Bab” atau kata lain, akan menunjukkan jika buku yang kamu tulis bersifat ringan dan luwes. Dalam penulisan angka ini ada beberapa variasi, kamu bisa menulisnya dengan 01, 1, Satu, ataupun menggunakan angka romawi.

  1. Sesuaikan dengan isi buku

Maksudnya adalah jika buku yang kamu tulis itu berisi tentang langkah-langkah untuk memulai bisnis, misalnya, kamu bisa menggunakan kata “Langkah” untuk mengganti kata “Bab”. Jika bukumu berisi tentang tahapan-atahap dalam mengembangkan suatu usaha, kamu bisa menggunakan kata “Tahapan”. Jika bukumu berisi tentang rahasia-rahasia menjadi jutawan, kamu bisa menggunakan kata “Rahasia”. Akan tetapi, kau juga harus mempertimbangkan apakah semua bab yang kamu tulis dalam bukumu itu merupakan langkah, tahapan, atau rahasia? Akan menjadi aneh jika ada satu atau dua bab yang menggunakan “Tahapan”, tetapi bab-bab tersebut tidak menjelaskan mengenai tahapan.

Nah, dari sini kamu pasti sudah bisa mempertimbangkan pakai yang mana untuk bukumu, bukan? Ingat untuk menyesuaikannya dengan isi dan gaya bahasa yang kamu gunakan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping