Zaman sekarang, masih minim anak muda memikirkan investasi. Padahal, manfaat investasi itu sangat besar apabila dijalankan dengan sungguh-sungguh. Memulai investasi di usia muda itu sangat menguntungkan karena anak muda belum yang sudah memiliki pekerjaan belum ada tanggungan. Pun, kebutuhannya masih sedikit.

investasi tentu beragam, dan bagi kaum muda investasi dapat berguna sebagai “harta karun” di masa tua dan menghadapi ketidakpastian di masa depan. Tentu Anda tak pernah tahu sampai kapan Anda aktif bekerja dan mengumpulkan uang. Belum tentu semua orang mampu bekerja hingga masa pensiun tiba. Salah satu penangkal menghadapi masa paceklik di masa tua adalah dengan berinvestasi.

Mau tahu apa saja alasan investasi sejak usia muda”

  1. Keuntungan semakin besar

Semakin dini memulai suatu investasi maka semakin besar pula keuntungan yang akan Anda raih. Anda yang memulai investasi di usia 20 tahunan tentu memiliki laba hasil berbeda dengan mereka yang berinvestasi di usia 30 tahunan. Mereka yang berinvestasi di usia produktif ini memiliki banyak waktu untuk belajar dan mengembangkan investasinya. Sehingga ketika terjadi kesalahan, mereka masih bisa mengganti instrumen investasi sesuai dengan kemampuan dan memiliki banyak waktu untuk belajar kembali.

Saat gagal pun, Anda masih berkesempatan untuk mempelajari karakter produk investasi . Apabila telah menemukan investasi yang tepat, maka Anda dapat mengelolanya dengan benar. Dan perlahan investasi itu akan berkembang serta berpotensi menghasilkann kekayaan berlipat di masa depan.

  1. Mendisiplinkan diri sendiri

Usia muda erat kaitannya dengan dunia hiburan. Sebagai pribadi telah memiliki penghasilan sendiri membuat sangat mudah mengeluarkan uang untuk hal-hal yang bersifat menghibur diri dan menyenangkan hati. Barang apa saja yang diinginkan dapat terpenuhi dengan segera. Ketika Anda mulai berinvestasi maka kebiasaan menghamburkan uang untuk sekadar bergaya hidup mewah dan membeli barang-barang yang tak berguna akan terkikis.

Ketimbang membeli sepatu produksi teranyar atau tas branded jutaan rupiah, lebih baik uangnya dialokasikan untuk membeli beberapa gram emas, reksadana atau saham. Investasi sejatinya adalah cara sederhana bagi Anda untuk menghamburkan uang, namun keuntungannya bisa dituai di kemudian hari. Ketika Anda memutuskan menganggarkan 20 persen untuk investasi setiap bulannya dari gaji bulanan itu berarti rasa dispilin telah tumbuh dalam diri. Perlahan-lahan, Anda semakin lihai mengatur keuangan sendiri.

 

 

  1. Penyelamat di masa depan

Masa depan Anda semakin cerah apabila memutuskan untuk berinvestasi di usia muda. Dengan berinvestasi, modal Anda akan terus diputar hingga menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Sehingga masa depan Anda dapat dikatakan aman. Alasan investasi yang satu ini sering menjadi faktor mengapa orang gencar berinvestasi. Ketika sudah tidak produktif lagi untuk bekerja dan menghasilkan uang, investasi mumpuni menyelamatkan kondisi finansial seseorang.

Berbeda dengan menabung yang tingkat bunganya rendah, investasi bahkan bisa mengembalikan keuntungan dua kali lipat dari modal awal.

  1. Mewujudkan impian jangka panjang

Ingin punya mobil dan rumah sendiri” Menikah di venue impian” Semua dapat terwujud ketika Anda memiliki investasi di usia muda. Selain usia tersebut terbilang produktif, Anda juga belum memikirkan utang di sana-sini dan tanggungan untuk anak-istri. Salah satu alasan investasi tentu membantu nasabah mewujudkan tujuan dan impian di masa mendatang.

Cara Anda mewujudkannya tentu dengan berinvestasi secara efektif. Di usia muda, Anda lebih bebas menggunakan uang untuk hal-hal yang bersifat kebutuhan. Lain cerita jika sudah menikah dan memiliki tanggungan, Anda akan berpikir 10-20 kali untuk belajar investasi.

  1. Memiliki kebebasan finansial

Berinvestasi di usia muda meningkatkan peluang untuk mencapai dan memiliki kebebasan finansial.Kebebasan finansial dapat didefinisikan sebagai fase dimana uang bekerja untuk kita atau pasif income. Sehingga kita merasa tenang karena tidak perlu bekerja lagi demi uang, Semua orang” bisa memiliki kebebasan finansial.

Bagaimana menuju kebebasan finansial” Kebebasan finansial dapat dicapai dengan cara investasi misalnya misalnya dengan memilih reksa dana, saham, properti, dll. Jenis investasi tersebut mumpuni menangkal inflasi dan menghasilkan keuntungan lebih besar ketimbang deposito. Ketika seseorang memiliki saving dalam bentuk investasi maka hasilnya dapat mencukupi berbagai kebutuhan hidup dengan gaya hidup yang diinginkan. Kebebasan finansial adalah pilihan hidup. Ketika Anda mampu melakukan kontrol pengeluaran terhadap diri sendiri maka kebebasan finansial itu mudah tercapai.

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.