Membuat timeline buku memang sangat penting untuk jadi bagian dari proses Anda menulis. Bahkan pembuatan timeline ini harus dijadikan prioritas setelah Anda sudah menentukan tema yang akan ditulis. Sehingga dalam tahap perencanaan Anda bisa melakukan pembuatan timeline untuk memudahkan proses menulis selanjutnya.

Mungkin Anda memiliki banyak ide yang ingin dituangkan dalam sbeuah naskah buku. Maka fungsi timeline adalah mengotakkan ide tersebut menjadi bahasan yang fokus pada satu titik atau tema. Dengan begitu timeline akan melindungi agar naskah Anda nantinya tidak melantur kemana-mana dan justru membuat pembaca menjadi bingung.

Membuat Timeline Itu Mudah

Jangan khawatir dan takut untuk membuat timeline buku. Sebenarnya ketika Anda sudah menentukan tema yang akan dibahas dalam naskah buku maka akan lebih mudah untuk menentukan timeline pada buku Anda. Anda tinggal memecah tema utama tersebut menjadi beberapa pembahasan yang berkaitan dengan hal tersebut.

Selanjutnya agar lebih mudah Anda bisa membuat daftar materi yang akan disampaikan dalam buku tersebut. Setelah sudah muncul materi-materi pembahasan tersebut maka Anda tinggal mengecek ulang jika ada materi yang sebaiknya tidak perlu disampaikan demi efektivitas buku yang Anda hasilkan nantinya. Jadi akan sangat mudah untuk Anda nantinya tinggal menulis mengikuti timeline tersebut.

Pentingnya Timeline Untuk Penulisan Buku

Pembuatan timeline di awal perencanaan buku sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini memang menjaga agar Anda tetap fokus pada konsep utama dalam menulis buku. Selain itu, buku Anda nantinya juga akan memiliki informasi yang padat untuk didapatkan oleh para pembaca. Maka untuk itu timeline buku memiliki fungsi yang optimal.

Selain itu, jika Anda hanya membayangkan konsep yang dipilih, tetapi tidak membuat daftar timeline yang jelas maka mungkin saja nanti dalam prosesnya Anda lupa. Jadi akan lebih baik jika ada daftar yang ditulis secara khusus untuk memudahkan proses penulisan selanjutnya. Sangat penting untuk memperhatikan hal ini baik untuk penulis yang masih pemula maupun sudah profesional sekalipun.

Ini adalah trik yang akan sangat menguntungkan jika diaplikasikan dengan baik. Maka Anda jangan sampai meninggalkan langkah ini sebelum melanjutkan proses menulis selanjutnya. Sehingga pastikan Anda sudah memiliki timeline buku sebelum menulis agar lebih mudah dalam melakukan pengembangan penulisan buku.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.