Menikmati secangkir minuman favorit sembari membaca buku merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi sebagian orang. Namun, apa jadinya kalau ketika pergi ke kafe, tetapi ternyata kamu lupa membawa buku yang ingin dibaca. Hm, pasti sangat bingung mau melakukan apa, selain scroll medsos.

Nah, kali ini kamu gak perlu khawatir karena sudah banyak kafe yang mengusung konsep kafe literasi. Maksudnya gimana tuh? Jadi, selain menyediakan minuman dan makanan yang enak, kafe itu juga menyediakan buku-buku berjejer yang bisa dibaca.

Gimana? Enak, kan? Kira-kira di mana aja ya kafe-kafe itu? Yuk, kepoin kafe literasi yang terkenal di dunia. Eits! Tenang aja, di Indonesia juga ada kok.

 

Milkoe Bistre AU, Indonesia

Sumber: matalelaki.com

Kafe sederhana yang terletak di Indonesia, tepatnya di Serpong, Tangerang Selatan  merupakan salah satu kafe literasi di Indonesia yang cocok untuk kamu pencinta buku. Di sana kamu akan menemukan buku-buku anak, psikologi, novel, bahkan komik yang bisa dibaca dengan suasana hening. Cuaca Indonesia yang sedang memasuki musim penghujan saat ini sangat cocok untuk menikmati segelas susu hangat sambil membaca buku.

Mercy Used Book, Paris

Sumber: tripadvisor.com

Kafe yang sangat banyak dikunjungi oleh para turis apabila berkunjung ke Paris adalah Mercy Used Book. Kafe yang menyajikan banyak minuman dan buku berjejer di rak sungguh menarik mata yang melihat. Buku-buku bekas yang mungkin sudah lama tidak kamu lihat akan kamu temui di sana, loh.

Brown Books Cafe, Jepang

Sumber: candidanimal.com

Ketika berjalan-jalan ke Jepang kemudian kamu butuh asupan kafe rumahan yang menenangkan untuk membaca buku, jawabannya adalah Brown Books Cafe. Kafe ini diusung dengan konsep minimalis, dilengkapi dengan tanaman-tanaman digantung dan buku-buku tertata di rak yang menempel pada dinding kafe. Ketika membaca buku di sana, kamu akan merasa sangat nyaman seperti di rumah sendiri.

Comma, Korea Selatan

Sumber: en.trippose.com

Kafe Comma yang terletak di Seoul, Korea Selatan menjadi tempat favorit bagi para pekerja dan pelajar untuk mencari inspirasi ide. Di sana, kamu akan menemukan macam-macam buku dengan berbagai genre yang bisa dibaca. Tempat-tempat seperti ini biasanya juga menjadi tujuan bagi seorang penulis atau mereka yang mengikuti E-course kepenulisan, tempat yang sangat nyaman untuk menulis tentunya.

Libros del Pasaje, Argentina

Sumber: minube.com.mx

Siapa sih yang gak betah kalau berada di dalam kafe yang luas, koleksi bukunya banyak, dan nyaman untuk menulis atau mengerjakan tugas? Wah, pastinya kafe ini selalu ramai dikunjungi oleh anak-anak muda. Mereka akan betah berlama-lama menghabiskan waktu di sana. Selain perut, otak juga akan kenyang dengan mengunjungi kafe literasi ini.

 

Nah, setelah melihat beberapa kafe literasi yang terkenal di dunia, kamu tertarik gak untuk mengunjunginya? Atau jangan-jangan kamu tertarik untuk membuat kafe dengan konsep seperti itu? Yakin deh, membuat ataupun mengunjungi kafe-kafe dengan konsep literasi akan membantumu mengeluarkan ide-ide yang menarik. Apalagi kalau saat ini kamu sedang fokus untuk menulis sebuah buku.

Ketika menulis, kamu butuh tempat-tempat yang nyaman dan bisa membuatmu dengan mudah mengeluarkan ide-ide terbaru. Kalau menulisnya lancar, kamu bisa segera bekerja sama dengan penerbit, salah satunya penerbit buku Malang untuk menerbitkan bukumu.

Selamat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping