Sumber: carminemastropierro.com

Menjadi copywriter adalah salah satu pekerjaan di bidang kreatif yang cukup bergengsi saat ini. Jika kamu salah satu orang yang sedang menggandrungi pekerjaan menulis copywriting ini, kamu pasti taka sing dengan nama Gary Halbert.

Gary Halbert bisa dibilang sebagai sosok pakar copywriter yang dapat menghasilkan income berjuta-juta dolar lewat copywriting yang dibuatnya. Wah, pasti kamu penasaran bagaimana cara seorang Gary membuat copywriting yang hebat itu, kan? Tenang saja, ada beberapa tips yang telah ia bagikan untuk membuat copywriting yang pas. Simak penjelasan berikut, ya!

Cari Pelanggan yang “Lapar”

Memfokuskan pikiran pada sebuah produk setelah mencari target pasar yang tepat adalah prinsip Gary Halbert dalam menyusun copywriting yang pas. Ketika sudah menemukan target pasar dengan tepat, kamu akan mengetahui produk apa yang dibutuhkan di pasaran sehingga akan memudahkanmu dalam melakukan copywriting.

Dalam bukunya, Gary menceritakan permainan yang sering dilakukan dalam beberapa seminar. Dalam permainan itu, Gary menanyakan poin penjualan apa yang dipilih oleh pelanggan jika mereka memiliki kedai burger. Jawaban bervariasi pun bermunculan, mulai dari memilih daging yang enak, roti empuk, dan sebagainya.

Namun, jawaban-jawaban tersebut dirasa kurang tepat menurut Gary. Ia mengatakan bahwa yang sebenarnya harus dipilih adalah rasa lapar pelanggan. Ketika pelanggan sudah lapar, tidak perlu lagi dipikirkan daging ataupun roti yang digunakan karena sudah pasti kedai akan dipenuhi pelanggan yang lapar.

Mulai dari Pola Pikir

Pola pikir atau mindset bisa dibilang menjadi komponen utama bagus tidaknya sebuah copywriting. Gary dalam bukunya memberikan sebuah contoh nasihat kepada putranya yang bernama Bond, “Semua orang ingin mendaki gunung, tetapi perbedaan besar antara mereka yang ingin di atas dan yang masih di bawah hanyalah masalah yang datang besok untuk mencobanya sekali lagi.”

Sumber: pexels.com

Dari nasihat itu dapat kita pahami bahwa kalau kita tidak bisa menata bagian dasarnya (pola pikir) maka kita juga akan sulit menyusun copywriting yang kita buat. Oleh karena itu, Gary selalu mengajarkan untuk memiliki pola pikir sebelum mulai menulis.

Mengenali Pelanggan Lebih Dalam

Manusia adalah makhluk yang rumit untuk diprediksi. Sering seseorang mengatakan A, tetapi yang dilakukan malah B. Nah, di sinilah peran kita sebagai copywriter berlaku, yaitu berusaha menelusuri apa yang sebenarnya pelanggan inginkan atau butuhkan. Hal ini bisa kita peroleh dengan mengamati kebiasaan yang dilakukan pelanggan dan berdasarkan data tersaji.

Tips ini berhubungan dengan tips pertama mengenai pelanggan yang lapar. Dengan mengetahui kebutuhan atau keinginan mereka, kita akan lebih mudah menyuguhkan solusi bagi mereka. Apalagi kalau kita menyuguhkannya dengan data yang konkret, pelanggan akan lebih mudah menaruh kepercayaan kepada kita.

 

Itulah tiga tips dari Gary Halbert yang bisa kamu terapkan dalam dunia copywriting. Ketiga tips ini bisa langsung kamu coba agar kualitas copywriting-mu lebih maksimal. Dunia copywriter sebenarnya juga tidak jauh dengan jasa ghostwriter. Kalau copywriter memiliki titik fokus untuk memudahkan melakukan promosi sesuatu, ghostwriter memiliki fokus untuk memudahkan penulis menyelesaikan buku. Ghostwriter Malang adalah salah satu dari banyaknya ghostwriter di Indonesia yang siap membantu penyusunan buku penulis-penulis yang terkendala kesibukan.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.