Lima Manfaat “Menulis Untuk Anak Muda

Selain menyalurkan khayalan anak muda dalam bentuk positif, terdapat banyak manfaat menulis lainnya. Manfaat itu seperti:

  1. Media Penghapus Stress.

Tekanan beban pelajaran di sekolah, masalah dengan sahabat atau teman hingga persoalan dengan saudara atau orang tua kadang menimbulkan tekanan pada anak. Tidak setiap anak mampu mengungkapkan masalahnya dengan baik. Nah, di sini lah peran menulis. Perasaan anak muda “akan lebih lega setelah selesai menulis.

  1. Belajar Mengeluarkan Pendapat dengan Cara Bijak.

Dengan menulis, Anak muda “juga berlatih menyunting tulisannya sendiri. Tulisan yang telah dituangkan dapat ditulis ulang lagi hingga mendapatkan bentuk kalimat yang pas. Beda dengan berbicara yang setelah terucapkan tidak” bisa ditarik kembali.

  1. Belajar Merangkai Kata.

Berawal dari satu dua kata. Misalnya: Aku sedih. Dia payah. Nanti kalimat tersebut bisa berkembang menjadi: Aku sedih karena temanku nakal. Dia tak sebaik yang kukira.

  1. Menjadi Bekal buat Masa Depan.

Ya, tidak ada satu profesi pun di dunia yang tidak butuh menulis. Jika anak muda sudah terbiasa menulis mereka akan sangat tertolong saat harus menulis tugas sekolah, makalah atau skripsi saat sudah kuliah kelak.

  1. Menambah Ilmu dan Wawasan.

Anak yang suka menulis biasanya akan suka membaca. Dengan menggabungkan dua kemampuan ini, otomatis ilmu dan wawasan anak juga akan berkembang.

 

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.