Review buku adalah sebuah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memberikan ulasan, tanggapan, penilaian, dan juga tafsiran terhadap buku yang sedang dibaca dengan menekankan pada penilaian atau komentar. Minat masyarakat terhadap kegiatan me-review buku masih terbilang rendah. Padahal, kegiatan review ini sangat berguna bagi penulis. Dengan me-review sebuah buku, kita jadi tahu apa hal-hal yang menarik ataupun tidak menarik dari buku tersebut.

Dalam melakukan review buku pun bisa dikatakan cukup mudah. Yang terpenting adalah kita memahami betul apa isi buku tersebut. Akan tetapi, untuk sebagian orang yang masih kesulitan dan bingung bagaimana cara melakukan review buku maka bisa menyimak penjelasan berikut ini.

  1. Tulis identitas buku

Menulis identitas buku adalah hal utama yang perlu dilakukan dalam me-review buku. Dengan begitu, kita dapat dengan mudah mengetahui informasi singkat terkait buku. Adapun identitas buku meliputi hal berikut ini.

  • Nama penulis
  • Tahun terbit
  • Penerbit
  • Jumlah halaman
  1. Baca buku

Tentu, untuk mengetahui apa isi buku tersebut, yang perlu dilakukan adalah membaca keseluruhan isi buku. Akan tetapi, kita juga perlu membaca daftar isi dan sinopsisnya terlebih dahulu, sebelum membaca isi buku. hal ini memudahkan kita mengetahui gambaran yang luas.

  1. Sampaikan hal yang disukai

Setelah menulis identitas dan membaca keseluruhan isi buku, hal yang berikutnya perlu dilakukan adalah menuliskan apa yang disukai dari buku tersebut. Dalam hal ini, kita bisa menggunakan pertanyaan, seperti bagian mana yang disukai dan alasannya dan apa pesan moral yang bisa didapatkan dari memebaca buku tersebut. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti ini maka kita sudah sedikit melakukan review buku.

  1. Sampaikan gaya bahasa dan alur cerita

Menyampaikan gaya bahasa dan alur cerita dari sebuah buku merupakan cara review yang mudah. Jika buku yang sedang di-review adalah novel maka kita juga bisa menyinggung tentang karakter atau setting dari cerita novel tersebut. Sementara, jika bukunya adalah buku motivasi atau pengembangan diri maka kita bisa menjelaskan apa daya tarik atau ilmu yang bisa didapatkan dari membaca buku tersebut.

  1. Beri penilaian dan buat kesimpulan

Terakhir, buatlah penilaian dan tutuplah dengan kesimpulan yang ditemukan saat membaca buku tersebut. dengan memberi penilaian, orang yang membaca hasil review kita akan dengan mudah tahu dan menyimpulkan betapa bagusnya buku yang sedang kita review.

 

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan saat me-review sebuah buku. Semoga dengan melakukan hal-hal tersebut bisa lebih memudahkan kita untuk me-review.

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.