Membaca buku memang menjadi suatu keharusan bagi setiap manusia. Dengan memiliki kebiasaan membaca ini, kita bisa mendapat banyak wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat di kemudian hari. Akan tetapi, ternyata membaca memiliki beragam teknik, lho. Agar membaca lebih efektif dan efisien, kamu perlu mencoba dan menemukan teknik membaca yang cocok denganmu. 

Apa saja teknik membaca itu? Yuk, simak baik-baik artikel ini!

 

Sumber: pexels.com

 

Scanning

Teknik membaca yang pertama ini menjadikan pembaca melihat bacaannya secara cepat, tetapi tetap teliti. Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan fakta atau informasi tertentu.

Pada prosesnya, kamu akan membaca secara cepat dan meloncat-loncat langsung pada bagian yang dirasa penting. Akan tetapi, metode ini tetap melibatkan daya kemampuan imajinasi dari pembaca agar tetap bisa memahami isi bacaannya. 

Selain itu, kamu tidak diwajibkan untuk membaca seluruh kalimat. Cukup pada kata kunci yang menjadi perhatian. Biasanya, teknik ini digunakan orang-orang yang gemar membaca koran atau berita yang tidak membutuhkan pemahaman mendalam. Bisa juga dilakukan oleh kamu yang ingin menemukan beberapa kata penting tanpa membaca keseluruhan kalimat dalam buku. 

 

Skimming

Pada teknik membaca ini, kamu akan mengambil ide pokok atau intisari dari apa yang kamu baca. Dengan mengambil ide pokoknya, kamu akan mengetahui lebih dalam apa bahasan yang ada pada buku-buku penerbit buku Malang yang kamu baca. Pada teknik ini kita juga tidak membaca buku dari kata per kata, melainkan berlompat dari satu bagian ke bagian lain untuk melihat pokok pikiran dan topik yang dibaca. 

 

Selecting

Selecting atau teknik baca-pilih lebih mengutamakan kebutuhan pembacanya. Biasanya, teknik ini digunakan ketika membaca koran atau media online, di mana kamu akan mencari atau membaca hal yang diinginkan. Selain itu, teknik ini biasanya digunakan oleh pembaca yang ingin mengembangkan tulisannya melalui membaca selecting

 

Sumber: kelaspintar.com

 

Skipping

Pembaca yang menggunakan teknik ini biasanya akan mengacuhkan bacaan yang tidak dibutuhkan atau sudah dipahami. Dengan kata lain, jika sudah tidak penting lagi bagi pembacanya atau sudah lebih dulu memahami maka ia langsung beralih ke bagian lain. Umumnya, teknik skipping banyak digunakan untuk segala macam bacaan, salah satu contohnya saat kamu membaca iklan yang ada di media. 

 

Nah, dengan mengetahui beragam teknik membaca yang telah dijelaskan sebelumnya, diharapkan kamu bisa lebih meningkatkan level membacamu secara lebih efektif dan efisien. Temukan teknik membaca sesuai dengan kebutuhanmu.

Kalau kamu ingin memiliki buku hasil karyamu agar orang-orang bisa membacanya maka kamu harus mulai menulis ide-ide dari calon bukumu. Kalau kesulitan dalam menuliskannya, kamu bisa meminta bantuan pada penyedia jasa ghostwriter Malang dan ghostwriter lainnya, lho. 

Tunggu apalagi? Selamat berkarya!

Bagikan Ke:
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping